header_ads

Linguaphone.id

Warga Serbu Ngubek Setu Gede Bogor

BERITA BOGOR - Ngubek Setu menjadi daya tarik wisata Kota Bogor. 

Ribuan warga dari berbagai daerah di Bogor akan turun ke Setu Gede, untuk mengikuti lomba ngubek setu yang akan digelar selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (besok), dilanjutkan lomba ngubek situ, dihari yang sama akan digelar juga lomba rakit. 

Dua event tersebut merupakan puncak pesta rakyat dalam rangka ’mapag munggah’ untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan menutup kemeriahan kegiatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533. Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, Eman Sulaeman. 

"Untuk menggelar perhelatan tersebut, warga Situ Gede sudah menyiapkan fasilitas untuk dua event pesta rakyat tahunan tersebut. Warga bergotong royong mengumpulkan bambu untuk membuat gedek (penghalang ikan) dan rakit. Sekitar 1 ton berbagai jenis ikan seperti nila, emas, dan mujair yang akan kita tebar ke situ gede untuk ngubek setu pada hari Minggu,” katanya, Jum’at (12/6/2015).

Pesta rakyat tersebut menjadi ajang untuk mempromosikan Setu Gede menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bogor. Bahkan rencana ke depan, wilayah Situ Gede akan disulap menjadi Kampung Wisata di Kota Bogor melalui program Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL), Kementerian Pekerjaan Umum. Setu Gede yang luasnya 4,5 hektar memiliki potensi alam dengan keragaman jenis ikan konsumsi. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.