header_ads

Linguaphone.id

Sambutan Kepala BPPKB Kabupaten Bogor Dalam Seminar Remaja Harganas Jabar Ke XXII 2015

Sambutan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana 
(BPPKB) Kabupaten Bogor 
Dalam Seminar Remaja Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke- XXII Tingkat Jawa Barat 
Gedung Tegar Beriman Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2015

PUJI SYUKUR KITA PANJATKAN KEPADA ALLAH SWT ATAS IZIN  DAN PERKENANNYA PADA HARI INI KITA DAPAT BERKUMPUL DALAM ACARA SEMINAR REMAJA DALAM RANGKA PERINGATAN HARI KELUARGA TINGKAT JAWA BARAT DI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2015. 

REMAJA DAN PERMASALAHANNYA MENJADI ISU PENTING SAAT INI DENGAN JUMLAH YANG BESAR, DI KABUPATEN BOGOR MENURUT HASIL PENDATAAN KELUARGA TAHUN 2014 JUMLAH REMAJA SEKITAR 1,5 JUTA JIWA ATAU 32 % DARI JUMLAH PENDUDUK KABUPATEN BOGOR, MAKA REMAJA PERLU MENDAPATKAN PERHATIAN YANG SANGAT BESAR, KARENA REMAJA SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA PERLU DIPERSIAPKAN MENJADI MANUSIA YANG SHAT SECARA JASMANI, ROHANI, MENTAL DAN SPIRITUAL KARENA KEHIDUPAN REMAJA MERUPAKAN KEHIDUPAN MASA DEPAN MEREKA SELANJUTNYA. 

BERBAGAI PENELITIAN MENUNJUKAN BAHWA REMAJA MEMPUNYAI PERMASALAHAN YANG KOMPLEKS SEIRING DENGAN MASA TRANSISI YANG DIALAMI REMAJA, BEBERAPA PERMASALAHAN YANG TIMBUL DIANTARANYA ADALAH KAWIN MUDA, KEHAMILAN YANG TIDAK DIINGINKAN, SEKSUALITAS PRA NIKAH, NAPZA, HIV/AIDS. DAN LAIN LAIN 

APABILA MASALAH REMAJA INI TIDAK BISA TERELESAIKAN, MAKA PADA AKHIRNYA PERMASALAHAN KAWIN MUDA, KEHAMILAN YANG TIDAK DIINGINKAN AKAN MENYUMBANG ANGKA KELAHIRAN YANG TINGGI, SAAT INI TFR DI BOGOR MASIH DIANGKA 2,6 (SDKI 2012). SALAH SATU UPAYA UNTUK MENURUNKAN TFR (TOTAL FERTILITY RATE) ADALAH MENINGKATKAN PEMAHAMAN REMAJA TENTANG PERENCANAAN KELUARGA DAN PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN YANG DIKEMAS DALAM PROGRAM GenRe. 

PROGRAM GenRe MERUPAKAN SUATU PROGRAM YANG DIKEMBANGKAN DALAM RANGKA PENYIAPAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA/MAHASISWA YANG DIARAHKAN UNTUK MENCAPAI TEGAR REMAJA UNTUK TEWUJUDNYA KELUARGA KECIL BAHAGIA DAN SEJAHTERA 

PROGRAM GenRe DILAKSANAKAN MELALUI DUA PENDEKATAN YAITU KEPADA REMAJA ITU SENDIRI DAN KEPADA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK REMAJA. PENDEKATAN KEPADA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK REMAJA DILAKUKAN MELALUI PENGEMBANGAN KELOMPOK BINA KELUARGA REMAJA (BKR) SERTA KEPADA REMAJANYA SENDIRI MELALUI WADAH KEGIATAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIKR). 

MASIH RENDAHNYA PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSINYA TERLIHAT DARI HASIL SDKI TAHUN 2012 ANTARA LAIN SEBAGAI BERIKUT : 

Persentase Perempuan  yang mengetahui  tentang :
Mimpi basah 29,7%
Menstruasi 82,8%
Perubahan Suara 68,6%
Pertumbuhan Payudara 72,8% 
Tidak Tahu Perubahan Fisiknya   4,7% 

Persentase Laki - Laki yang mengetahui  tentang :
Mimpi basah    34,0%
Menstruasi  43,2%
Perubahan Suara  48,5%
Pertumbuhan Payudara  57,9% 
Tidak Tahu Perubahan Fisiknya  10,0% 

KETIDAK TAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSINYA MEMBAWA KONSEKUENSI BAGI KEHIDUPAN REMAJA YANG SEHAT CERDAS CERIA, UNTUK ITULAH SEMINAR REMAJA  DILAKSANAKAN DENGAN HARAPAN AGAR  AKSELERASI PROGRAM GenRe DENGAN TUJUAN MENINGKATNYA PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN REMAJA TENTANG TIGA ANCAMAN DASAR KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (TRIAD KRR) MENINGKAT. 

SAYA BERHARAP DALAM SEMINAR INI DAPAT DIIKUTI SUNGGUH SUNGGUH DAN SEKSAMA, SIMAK APA YANG DISAMPAIKAN OLEH PARA NARASUMBER, PAHAMI KARENA ITU ADALAH LANGKAH AWAL UNTUK DAPAT MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SERTA TERHINDAR DARI BAHAYA TRIAD KRR. 

SEBAGAI AKHIR KATA, SELAMAT ATAS TERSELENGGARANYA SEMINAR REMAJA DAN TERIMA KASIH KEPADA PARA NARASUMBER, DUTA MAHSISWA KABUPATEN BOGOR SERTA CIMSA. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MERIDHOI  DAN MELINDUNGI SETIAP GERAK LANGKAH KITA. 

Gedung Tegar Beriman
Sabtu, 6 Juni 2015


EMMY PERNAWATY, M.M.
Kepala BPPKB Kabupaten Bogor
.



Sumber BPPKB Kab Bogor
Diberdayakan oleh Blogger.