header_ads

Linguaphone.id

ADD Mulai Dikucurkan

BERITA BOGOR - Bantuan ADD terkecil Rp 450 juta dan terbesar Rp 900 juta per tahun. 

Kepala Bidang Kekayaan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Tika Siti Jatnika mengatakan dari sejumlah 417 desa di Kabupaten Bogor, untuk sementara hanya 80 desa sudah tersalurkan Alokasi Dana Desa (ADD). 

Menurutnya, dari sejumlah 417 desa di Kabupaten Bogor, 250 desa sudah lolos berkas dari BPKBD dan 80 desa sudah mendapatkan Surat Perintah Pembayaran Desa (SP2D)-nya sudah keluar dan dicairkan dana ADDrenya,” urainya, Senin (25/5/2015). 
Menurutnya, kendala belum cairnya dana ADD ini, karena ada tanggungan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) 2014 yang belum selesai dan pengetahuan aparat desa yang masih kurang. “Aparat desa seperti Kepala Desa, Kaur Pemerintahan dan Sekretaris Camat sudah kami latih, namun kendala SPJ dan pengetahuan mereka menjadi kendala belum selesainya berkas-berkas persyaratan ADD,” imbuhnya.
"Dana ADD sendiri, diberikan per triwulan dan besarnya bantuan ADD beragam tergantung jumlah masyarakat miskin dan letak geografis. Semakin banyak jumlah masyarakat dan tingginya angka kemiskinan serta semakin jauh dari pusat pemerintahan kabupaten, maka semakin besar desa tersebut menerima bantuan ADD,” jelasnyanya. (red)

Diberdayakan oleh Blogger.