header_ads

Lebaran.id

Reklamasi Terapkan Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Program Pasca Tambang Terapkan Konsep 
Pembangunan Berkelanjutan 

Kepala Bidang Pertambangan Umum pada Dinas Enaergi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bogor, Ir. Asep Sulaeman mengatakan pihaknya tetap konsisten melaksanakan pengelolaan pertambangan umum, pengelolaan teknik pertambangan umum dan pengembangan usaha pertambangan umum, serta konservasi dan reklamasi. 

"Program pasca tambang harus mempunyai konsep pembangunan berkelanjutan secara ekonomi, lingkungan, sosial dengan saling mendukung dan berkaitan. Pengelola konsep pembangunan berkelanjutan tersebut dalam pengelolanya melibatkan peran para stakeholder yaitu peran dari pemerintah, swasta dan masyarakat," jelasnya. 

Dirinya menambahkan, Dinas ESDM Kabupaten Bogor menerapkan kriteria penambangan yang baik dengan mematuhi kaidah peraturan perundang-undangan yang intinya mengatur perencanaan menyeluruh sesuai standar baku, teknologi penambangan yang tepat sesuai kebutuhan, prinsip efisiensi efektifitas dan nilai tambah. 

"Disamping itu pula mengedepankan prinsip konservasi keterpaduan sektor hulu dan hilir, keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawan, melindungi dan memelihara fungsi lingkungan hidup, menerapkan CSR sesuai kondisi setempat, menghasilkan keuntungan yang wajar bagi perusahaan, dan melaksanakan reklamasi pasca tambang berkelanjutan," terangnya. 

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Jawa Barat, Dadan Ramdan mendesak agar praktik kerja sama operasional antara Perum Perhutani dan perusahaan tambang harus dihentikan, dan Pemkab Bogor didesak jangan obral perizinan. 

"Merebaknya aktivitas pertambangan yang merusak ekosistem dan meluasnya alih fungsi lahan serta berdampak terhadap konflik sosial di masyarakat serta bermasalah dari aspek perizinan., Hal ini perlu menjadi perhatian Pemkab Bogor," kritiknya. (als) Editor: Alsabili


Diberdayakan oleh Blogger.