header_ads

Lebaran.id

Pembangunan Perikanan Kabupaten Bogor 2015

Publikasi Kinerja 
Dinas Peternakan Dan Perikanan 
Kabupaten Bogor 
.
.
Kontribusi Terhadap Pembangunan 
Perikanan Kabupaten Bogor
.
. 
MINAPOLITAN KABUPATEN BOGOR 
 .
Kabupaten Bogor adalah salah satu wilayah dengan kondisi ekologis dan geografis yang potensial untuk pengembangan usaha perikanan budidaya air tawar. Kabupaten Bogor yang menjadi hinterland wilayah DKI Jakarta merupakan pemasok pasar produk perikanan baik nasional maupun internasional. Hingga saat ini beberapa komoditas perikanan budidaya yang sudah berkembang di Kabupaten Bogor diantaranya adalah ikan nila, ikan lele dan ikan gurame. Produksi perikanan air tawar ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. 
Sebagai tindak lanjut Program Minapolitan yang dicanangkan KKP  yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2009 tentang Penetapan Lokasi Minapolitan yang menetapkan Kabupaten Bogor sebagai salah satu kabupaten/kota pengembangan kawasan minapolitan, maka Pemerintah Kabupaten Bogor menerbitkan Keputusan Bupati Bogor Nomor 523.31/227/Kpts/Huk/2010 tentang Penetapan Lokasi Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Bogor. 
Dalam keputusan ini ditetapkan bahwa Kawasan Minapolitan meliputi Kecamatan Ciseeng, Parung, Gunungsindur dan Kemang. Dengan diterbitkannya keputusan tersebut diharapkan sektor perikanan di Kabupaten Bogor dapat dikelola dengan lebih terarah dan mampu memperluas lapangan pekerjaan serta mengatasi masalah kemiskinan di pedesaan. 
Sejak digagasnya pengembangan kawasan minapolitan pada Tahun 2010 maka segala sumberdaya diarahkan untuk mewujudkan Kawasan Minapolitan yang telah ditetapkan oleh Bupati Bogor. Pendanaan dari APBN dan APBD dibelanjakan untuk menciptakan Kawasan Minapolitan yang ideal, diantaranya digunakan untuk pembangunan kolam, penyediaan induk dan benih ikan, perbaikan irigasi dan berbagai penyediaan sarana dan prasarana perikanan lainnya baik untuk keperluan budidaya maupun pasca panen.
.

Gambar 1. Sentra Minapolitan, Jl. H Usa No. 86 Desa Ciseeng Kec. Ciseeng 
.
Gambar 2. Pos Pelayanan Penyuluh Perikanan di Minapolitan 
. 
Gambar 3. Pos Pelayanan Kesehatan Ikan Terpadu di Kawasan Minapolitan 
. 
Gambar 4. Unit Pelayanan Pengembangan Mina Kahuripan Kawasan Minapolitan 
. 
Gambar 5. Kolam Percontohan di  Kawasan Minapolitan  
.
Buah dari itu semua dapat dilihat dari kontribusi kawasan minapolitan terhadap capaian produksi ikan konsumsi di Kabupaten Bogor. Produksi ikan konsumsi di Kabupaten Bogor pada Tahun 2014 adalah sebesar 108,829,28  ton yang 97,77%-nya merupakan kontribusi dari cabang usaha kolam air tenang (KAT). Sebanyak 64,30% dari produksi kolam air tenang dihasilkan dari areal budidaya yang berada di kawasan minapolitan.
.
PASAR IKAN DAN DEPO IKAN HIAS
.
Untuk menunjang dan memperkuat sisi pemasaran komoditas perikanan, Kabupaten Bogor juga terus membenahi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, salah satunya pembangunan pasar dan depo ikan. Terdapat lima lokasi pemasaran ikan yang terdapat di Kabupaten Bogor: 
(1) Holding Ground, Desa Bendungan Kecamatan Ciawi dengan luas areal 1.200m2. Pasar ini buka setiap hari dengan komoditas yang diperdagangkan adalah Ikan Mas, Gurame, Nila, Bawal dan Koi. 
(2) Pasar Benih Ikan, Desa Parigi Mekar Kecamatan Ciseeng. Pasar yang berdiri di areal 800 m2 ini menampung 141 pedagang. Pasar ini buka setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan komoditas yang diperdagangkan adalah benih ikan Mas, Gurame, Lele, Patin, Bawal, Tambakan, Tawes, Nila dan Koi. 
(3) Pasar Ikan Higienis; pasar yang berdiri di lahan seluas 2.000 m2 ini terletak di Jl Raya Bogor KM.50, Desa Cimandala Kecamatan Sukaraja. Pasar ini memperdagangkan ikan konsumsi air tawar dalam bentuk segar berikut hasil olahannya.
.

Gambar 6. Bursa Ikan Konsumsi di Pasar Ikan Higienis Sukaraja
.
(4) Depo Ikan Hias; berlokasi di Jl. Dedi Kusumayadi No. 2, Kel. Tengah Kecamatan Cibinong di areal seluas 375m2. Depo ini menyediakan berbagai jenis ikan hias dan sarana produksi ikan hias. 
.

Gambar 7. Depo Ikan Hias Cibinong

(5) Bursa Ikan Hias; berlokasi di Jl. Raya Laladon Km.6 RT.05 RW.04 Desa Laladon Kecamatan Ciomas, merupakan tempat penjualan ikan hias dari berbagai jenis. Pasar ini baru  diresmikan awal  2015 dan menampung sekitar 17 pedagang ikan hias.

. 

. 
BAZAAR DAN PAMERAN PERIKANAN 
. 
Salah satu upaya Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor untuk memperkenalkan produk dan olahan perikanan serta dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat adalah dengan melaksanakan bazaar dan mengikuti pameran pembangunan secara reguler. Produk perikanan yang biasa diperkenalkan dalam acara bazaar dan pameran adalah produk UKM olahan perikanan binaan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Jenis produk olahan tersebut antara lain pindang, baso ikan, nugget ikan, abon ikan dan beraneka kerupuk ikan.
. 

Gambar 8. Bazaar Produk Olahan Perikanan dan Peternakan; 
Setiap Jumat Minggu I di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor
.
Pada Tahun 2014 yang lalu salah satu UKM binaan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor yaitu Cindy Group yang berlokasi di Desa Waru Kecamatan Parung memperoleh prestasi di Tingkat Jawa Barat dan Nasional. Prestasi yang diraih adalah: (1) Juara I Lomba UMKM Pengolahan Hasil Perikanan Tingkat Propinsi Jawa Barat. (2) Juara II Lomba Inovator Pengembangan Produk Perikanan Nasional Kategori Unit Pengolahan Ikan.
Gambar 9. Proses Pengolahan Pindang Higienis di UMKM Olahan Perikanan “Cindy Group”

.

Dinas Peternakan Dan Perikanan 
Kabupaten Bogor
 drh. H. Soetrisno, MM
Kadisnakkan Kab. Bogor


30/4/2015
30/5/2015
.




Diberdayakan oleh Blogger.