header_ads

Lebaran.id

Harga Sayur Mulai Naik

BERITA BOGOR - Harga Kebutuhan Pokok di Bogor Merangkak Naik. 

Kendati Pertamina menunda kenaikan harga BBM, namun harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Bogor mulai merangkak naik. Hal ini membuat pedagang mengalami dilema dalam menentukan harga sayur mayur yang akan mereka jajakan.

Komoditas sayur mayur yang mengalami kenaikan secara signifikan, diantaranya cabai merah, cabai rawit merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Sayur lainnya, seperti jagung, kacang panjang, dan buncis. Salah seorang pedagang di Pasar Bogor, Endang (40) mengatakan, kenaikan harga sembako memang cenderung terjadi bertahap selama sebulan menjelang bulan suci Ramadhan. 

Menurutnya, harga cabai merah sebelumnya Rp 16.000 per kilogram (kg), saat ini Rp 34.000/kg atau naik Rp 18.000. Cabai rawit merah naik Rp 12.000 dari harga sebelumnya, Rp 12.000/kg. Cabai hijau, naik Rp 8.000 dari harga sebelumnya Rp 16.000/kg. “Untuk bawang merah dari 24.000/kg naik menjadi Rp 32.000/kg, sedangkan bawang putih, dari harga semula Rp 16.000/kg naik menjadi Rp 20.000/kg,” katanya, kemarin.  

Kenaikan harga sayur mayur ini membuat para pedagang mengeluh, sehingga banyak para pedagang tidak punya pilihan untuk menimbun barang saat harga murah. Pedagang merasa dilema dengan turunnya daya beli masyarakat yang mencapai angka 50 persen akibat naik-turunnya harga kebutuhan pokok. (wd/red)


Diberdayakan oleh Blogger.