header_ads

Linguaphone.id

Ciri Beras Sintetis

BERITA BOGOR - Masyarakat patut mewaspadai peredaran beras sintetis.

Beras yang bercampur bahan plastik beredar di masyarakat. Jika dilihat secara sekilas memang wujud beras asli dengan plastik hampir sama, namun ada 4 ciri untuk membedakannya.

Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Sucofindo, Adisam ZN mengungkapkan untuk mengidentifikasi beras sintetis secara fisik memang terlihat sama, tapi bagi mereka yang sudah terbiasa mengelola beras bisa membedakannnya. "Pertama, dilihat secara bentuk, tampilan beras asli memiliki guratan dari bekas sekam padi," ungkapnya pada media massa pada acara pemberitahuan identifikasi dini untuk membedakan mana beras asli dan palsu di kantor Wali Kota Bekasi, Jl Ahmad Yani, Bekasi, Kamis (21/5/2015). 

Identifikasi Beras Sintetis:
1. Beras Asli bulirnya terlihat guratan, Sementara untuk beras plastik pada bulirnya tidak terlihat guratan. Warnanya bening bersih. "Kalau beras palsu bentuknya agak lonjong dan tidak memiliki guratan dari bekas sekam padi," jelas Adisam. 

2. Ciri kedua bisa dilihat dari ujung-ujung bulir beras. Beras asli terdapat warna putih di setiap ujungnya, warna tersebut merupakan zat kapur yang mengandung karbohidrat. Sedang beras bercampur plastik tidak ada warna putihnya. 

3. "Selain itu kalau beras asli direndam di dalam air maka air akan bewarna putih dan beras akan lembek menjadi bubur. Sedangkan beras plastik jika direndam hasilnya tidak akan menyatu dan airnya tidak akan berubah menjadi putih di ujung-ujungya tidak ada warna putih zat kapur," ujarnya. 

4. Ciri keempat adalah jika beras palsu ditaruh di atas kertas maka terlihat beras tidak natural, berbentuk lengkung, tidak ada patahan. "Kalau dipatahkan akan pecah menjadi bentuk kecil-kecil. Kalau beras asli bentuk bulirnya sedikit menggembung dan kalau dipatahkan hanya terbelah menjadi dua," tambahnya. (dtk/red)



Diberdayakan oleh Blogger.