header_ads

Linguaphone.id

BPBD Kota Bogor Gelar Antisipasi Bencana

BERITA BOGOR - Antisipasi Bencana Alam, BPBD Gelar Pelatihan. 

Sebanyak 50 orang perwakilan dari 24 Kelurahan dan komunitas komunikasi mengikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Sosialisasi Barisan Sukarelawan Kebakaran yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor di Bina Sena Ciawi, Jumat (22/5/2015). 

Pelatihan yang melibatkan berbagai unsur masyarakat dan akan berlangsung selama 2 hari ini dan dibuka secara resmi Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman. Dirinya menyampaikan bencana itu datangnya tidak diketahui oleh karenanya harus diantisipasi dengan langkah-langkah yang tepat dan salah satunya melalui pelatihan ini. 

Kepala BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan yang juga turut memberikan arahan kepada para peserta saat ditanya tujuan digelarnya pelatihan ini mengatakan untuk melatih masyarakat dari kesiapsiagaan menghadapi bencana. "Untuk mengurangi dampak bencana harus ada pengetahuan tentang kewaspadaan dan kesiapsiagaan," papar Ganjar. 

Menurutnya urusan bencana itu bukan hanya urusan pemerintah, tetapi masyarakat dan dunia usaha harus punya kepedulian. "Melalui pelatihan inilah kami menginformasikan kepada unsur-unsur masyarakat agar semuanya memahami pentingnya kesiapsiagaan dan kewaspadaan," imbuhnya. 

Ditambahkan Ganjar yang akan memberikan materi dan pelatihan yaitu dari BNPB Pusat dan BPBD Provinsi. "Mereka akan memberikan informasi dan sosialisasi sehingga masyarakat Kota Bogor memahami tupoksi BPBD itu seperti apa," pungkasnya. (tria/ red)



Diberdayakan oleh Blogger.