header_ads

Waste Bank Untuk Diminati Warga Ceger

BERITA BOGOR - Waste Bank For Education Project atau Bank Sampah untuk Pendidikan. 

Kampung Ceger, Bogor Utara, Kota Bogor tengah mengembangkan program Wabe Project (Waste Bank For Education Project atau Bank Sampah untuk Pendidikan) yang memfokuskan pada kegiatan daur ulang sampah anorganik menjadi kerajinan, dimana hasil dari kerajinan daur ulang tersebut akan dijual. 

Melalui program ini, sampah yang diolah bisa menjadi modal untuk meraih pendidikan lebih tinggi bagi warga Kampung Ceger, Bogor Utara, seperti yang dialami warga, Oche dan Lusi yang telah menempuh pendidikan hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

“Warga disini harus diberikan contoh yang konkrit. Misalnya, saya dan anak-anak bersekolah hingga SMK. Jadi, mereka lihat anak-anak saya mudah mencari kerja karena pendidikan bagus serta punya keterampilan,” ujar Lusi di Kampung Ceger, kemarin. 

Sementara Ketua Wabe Project, Uulies Utami menjelaskan bahwa program ini telah lama ditunggu oleh warga sebagai solusi dari masalah sosial dan ekonomi di desa mereka. “Di sini banyak sampah yang menumpuk, dan kita tidak tahu mau dibuat apa. Keuntungannya akan digunakan untuk memenuhi fasilitas pendidikan yang diperlukan anak – anak kurang mampu. Saya mempunyai impian anak-anak di Kampung Ceger kelak bisa menempuh pendidikan hingga sarjana, dan memiliki kehidupan yang layak berkat keahlian yang kami ajarkan ke ibu-ibu di sana,” harap  (erick) Editor: Erick Mulyadi




Diberdayakan oleh Blogger.