header_ads

Uji Kompetensi And Proper Test Esselon II

BERITA BOGOR - Sejumlah Esselon Dua mengikuti Test and Proper Test.

Esselon Dua baik itu kepala Dinas, Staff Ahli dan para asisten dilingkup Pemerintah Kabupaten Bogor mengikuti test uji kompetensi Fit and proper test,yang dilaksnakan oleh Badan Kepegawaian,Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor yang di awasi oleh asektor dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa barat, adapun test bertempat di Ruang Serbaguna 1, Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, pada Kamis, (23/4/2015).

Atty Guniarty selaku Kepala Badan Kepegawaian,Pendidikan dan Pelatihan mengatakan Test ini menyikapi UU No 5 tahun 2014 dimana Jabatan pimpinan tinggi pratama harus mempunyai kompetensi. "Oleh sebab itu BKPP menyiapkan data base kompetensi masing-masing bagi jabatan Esselon Dua, dimana Jabatan Pimpinan tinggi pertama harus memiliki kompetensi dimana pimpinan tersebut ditempatkan," jelasnya.  

Melalui UU ASN pada pasal 116 mencatumkan bahwa jabatan pimpinan tinggi pratama dilarang di pindahkan sebelum dua tahun dimana menjadi pimpinan di tempat yang lama namun bagi yang sudah lima tahun harus pindah, karena di anggap jabatan itu kosong, maka kedepan akan melakukan rotasi dan mutasi tentunya, akan tetapi bila saat ini mutasi dan rotasi berbeda dengan sebelumnya karena harus dikomunikasikan dengan komisi aparatur sipil negara, karena  jika yang bersangkutan masih berkompeten di tempat yang lama tentu saja ada pertimbangan khusus dari komisi aparatur sipil Negara.

Dirinya menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti test kali ini berjumlah 35 orang dari 39 orang pejabat Esselon Dua, karena dari sisa sedang pendidikan akan tetapi selanjutnya yang berhalang tersebut akan mengikuti test susulan, adapun test tersebut berisi pilihan ganda dengan pertanyaan berbeda satu sama lainnya. (Andi)




Diberdayakan oleh Blogger.