header_ads

Prioritas TKW Jabar

BERITA BOGOR - TKW Di Luar Negeri Jadi Prioritas Kementerian PP dan PA. 

Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri kini menjadi prioritas Kementerian Pemberdayaan  Perempuan  dan Perlindungan  Anak (Kementerian PP dan PA). Para TKW ini, dalam waktu dekat akan dibina secara komprehensif termasuk untuk pembenahan kualitas SDM.

Hal tersebut mengemuka dalam keterangan Menteri PP dan PA, Yohana S Yambise  kepada wartawan di sela-sela kunjungan ke Pemprov. Jabar, usai diterima oleh Wagub Jabar Deddy Mizwar, di Gedung Sate Bandung, Jum’at (10/4/2015).

Berkenaan dengan upaya perbaikan kualitas TKW,  Yohana mengemukakan, bahwa Kementerian PP dan PA mulai berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk dengan jajaran pemerintah di daerah. Oleh karenanya dalam kunjungan kali  ini  ke  Pemprov. Jabar Kementerian PP dan PA  melaksanakan sharing isu  atas hal-hal yang menimpa perempuan termasuk TKW, Melalui koordinasi dengan Pemprov. Jabar akan diinventarisir masalah-masalah apa yang menimpa perempuan di Jabar

Untuk Rencana ke depan, akan dibuat pelatihan untuk para TKW. Pelatihan diantaranya menyangkut perbaikan kualitas SDM para TKW yang selama ini menjadi sumber persoalan bagi para TKW ketika bekerja di luar negeri diantaranya kemampuan menguasai bahasa di negara tempat TKW bekerja dan keahlian lainnya yang diperlukan di negara tempat bekerja.

Dengan pelatihan ini, TKW yang nanti bekerja di berbagai negara tidak lagi menempati pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Jika ada TKW yang nanti bekerja di berbagai negara,  mereka akan bekerja di sektor pekerjaan formal, demikian harapan Yohana.  (red)


Diberdayakan oleh Blogger.