header_ads

Linguaphone.id

Antisipasi Lonjakan Penumpang Kereta Api

BERITA BOGOR - Sekitar 5,7 Juta Orang Akan Mudik Pakai Kereta Api. 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi tahun ini akan terjadi kenaikan jumlah pemudik kereta api. Tahun 2014 pemudik mencapai 5,5 juta orang, maka tahun ini akan mencapai 2,7 juta orang. PT KAI juga telah melakukan berbagai upaya dan persiapan, antaranya, menyiapkan seluruh armada dan personilnya. Hal iini diungkapkan Direktur komersial PT. KAI.

"Untuk angkutan Idul Fitri tahun ini, kami prediksikan terjadi peningkatan volume penumpang. Perkiraan kami, khusus angkutan KA, kenaikannya 3 persen. Tahun lalu, total penumpang sekitar 5,5 juta orang. Tahun ini, kami perkirakan menjadi 5,7 juta orang," tandas Bambang Eko Martono, hari ini di jakarta.

Untuk mengantisipasi lonjakan calon penumpang, pihak PT. KAI akan terus mempersiapkan sarana dan prasarananya. Saat ini, kata Bambang, ada sekitar 22 unit gerbong menjalani perbaikan oleh PT INKA (Industri Nasional Kereta API). Lainnya, lanjut dia, berada di sejumlah depo. "Pada saatnya, tidak ada lagi gerbong atau lokomotif yang berada di depo. Seluruhnya, termasuk yang menjalani perawatan dan perbaikan PT INKA, siap kami operasikan," tegasnya.

Disinggung mengenai ketersediaan tempat tiket, Bambang mengatakan, tahun ini, khusus KA jarak jauh dan sedang, pihaknya akan menambah kapasitas. Tahun lalu, sebanyak 79.654 seat per hari maka tahun ini menjadi 88.676 seat. "Jumlah itu hanya KA reguler, belum termasuk KA  tambahan angkutan Idul Fitri 2015 dan KA lokal. Untuk KA tambahan, masih melakukan kalkukasi," (red) Editor: Dwitamasasia




Diberdayakan oleh Blogger.