header_ads

Linguaphone.id

Promosi UKM Melalui Teknologi Informasi

BERITA BOGOR - Tingkatkan Kapasitas dan Produktifitas UKM Melalui TIK

Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bogor meningkatkan kapasitas dan produktifitas usahanya melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sejumlah pelaku UKM tersebut diberikan bimbingan teknis bidang TIK bertajuk Promosi Efektif melalui Internet oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor di hotel M-One, Cibinong, Rabu (29/4/2015). 

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Septriana Tangkary mengatakan, ketatnya persaingan pasar mendorong para pelaku UKM memutar otak mencari strategi baru untuk menjual produknya. Sebetulnya kita tidak perlu ragu bersaing bahkan dengan dunia internasional sekalipun karena kita adalah bangsa yang besar, asalkan kita bisa saling bersinergi. Jika kita punya karya yang bagus kita bisa bekerjasama dengan perusahaan besar melalui dana bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR).

Keberadaan internet, lanjutnya, menjadi salah satu akses pemasaran para pelaku UKM kita. Dengan menggunakan TIK, UKM bisa meningkatkan produktifitasnya. Olehkarena itu hari ini kita berikan bimbingan teknis untuk UKM di Kabupaten Bogor agar kedepan mereka bisa mengembangkan usahanya. Namun peningkatan usaha harus dibarengi dengan peningkatan kualitas produk itu sendiri, mari kita bersama menggunakan teknologi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Wawan Munawar Sidik menjelaskan, kegiatan ini adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan produktifitas, pendapatan, dan daya saing melalui pemanfaatan teknologi di bidang informasi. Saat ini sudah eranya teknologi, maka kita harus beradaptasi dengan teknologi. 

Dirinya menambahkan, kami khususnya dari Diskominfo meminta para pelaku UKM dapat memanfaatkan sarana dan media yang kita sediakan secara cuma-Cuma. Kami punya radio dan televisi Tegar Beriman, Majalah Inovasi, dan website. Ini semua kita lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembangunan manusia di Kabupaten Bogor. (rido) Editor: Imam Bhakti


Diberdayakan oleh Blogger.