header_ads

Program Listrik Masuk Desa 2015

Program Listrik Masuk Desa 2015 
Kabupaten Bogor

Kondisi geografis maupun akses jalan yang sulit ditempuh menjadi salah satu kendala mengaliri pasokan listrik ke pedesaan yang letaknya di pengununan. Kendati demikian Pemerintah Kabupaten Bogor telah menargetkan sekitar 9.485 rumah yang akan mendapat bantuan melalui program listrik masuk desa tahun 2015 ini. 

Kepala Bidang Ketenagalistrikan, Drs. Bachtazar Muslim Lubis, MM menjelaskan pihaknya secara konsisten melaksanakan pengelolaan ketenagalistrikan, pengelolaan teknik ketenagalistrikan, pengembangan usaha ketenagalistrikan, distribusi ketenagalistrikan. 

Pelayanan listrik masuk desa juga segera direalisasikan secara merata terutama dipelosok pedesaan yang ada di 40 wilayah Kabupaten Bogor. Percepatan pelayanan ketersediaan pasokan listrik bagi masyarakat pedesaan, terjaganya keseimbangan alam, meningkatnya kesejahteraan warga dan tercapainya program pembangunan masyarakat yang tepat sasaran. 

Penyedian listrik di setiap desa termaju di Indonesia karena merupakan salah penciri untuk menjadikan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia karena terkoneksi dalam peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Oleh sebab, itu lakukan juga koordinasi dengan Pemerintah pusat agar program ini dapat terwujud.

Sementara, Kepala Seksi Teknik Ketenagalistrikan Dinas ESDM Kabupaten Bogor, Gandi Putra Siregar, menambahkan sebanyak 99.873 rumah di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat sampai saat ini belum dialiri listrik. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bogor mencatat jumlah 99.873 yang belum dialiri listrik itu merupakan bagian dari 1.114.223 rumah yang ada di wilayah Kabupaten Bogor. 

"Sebagian besar proyek listrik masuk desa ini, kata Gandi, tersebar di  42 desa dan 26 kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Seperti di Kecamatan Rumpin, Cariu, Jonggol, dan Sukamakmur, Cigudeg, Jasinga, Sukajaya, dan Kecamatan Cisarua," jelasnya, Senin (13/4/2015). 

Dirinya menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bogor memperoleh bantuan dari pemerintah pusat dan Provinsi Jabar berupa pemasangan JTM, JTR dan Travo 50 Kva untuk memasang jaringan listrik ke daerah-daerah pelosok. Untuk tahun 2014 lalu sebanyak 6.838 rumah mendapat bantuan program listrik desa melalui APBD Kabupaten Bogor, Provinsi Jabar dan pemerintah pusat, sedangkan untuk tahun 2015 ini ada 7.110 rumah yang akan dialiri listrik yang dananya bersumber dari APBD Kabupten Bogor, 2.157 rumah dari APBD Provinsi Jabar, dan 218 rumah dari APBN. (als) Editor: Alsabili

Diberdayakan oleh Blogger.