header_ads

Linguaphone.id

OPD Terus Mantapkan SDM TI Untuk Intranet

BERITA BOGOR - Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan.

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bogor terus mantapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang Teknologi Informasi (TI) untuk menunjang sistem intranet. Untuk itu Dinas Komunikasi dan Infomasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor mengundang pakar TI yang juga ahli di bidang intranet untuk memberikan bimbingan teknis pengelolaan jaringan informasi di Ruang Rapat I Gedung Sekretariat Daerah, Cibinong, Selasa (21/4/2015).

Konsultan PT. Bonet Utama Asep Samsul Hidayat menjelaskan, bintek ini bertujuan agar mereka yang ditunjuk sebagai pengelola jaringan informasi di OPD-nya masing-masing dapat memahami jaringan komputer, memahami jaringan intranet, memahami fungsi dari setiap komponen kerja sebuah jaringan, dan memahami instalasi kabel. 

“Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan untuk memudahkan kita membuat pekerjaan bukan untuk mempersulit. TI bisa menjadi media bagi kita untuk memberikan informasi yang akurat kepada pimpinan untuk selanjutnya menjadi sebuah keputusan. Kita berharap kedepan setiap OPD sudah memiliki aplikasinya dan ketika Bupati bertanya semua yang dibutuhkan bisa terinformasikan secara cepat dan tepat menggunakan teknologi informasi yang dihubungkan oleh sistem intranet di Kabupaten Bogor”, jelas Asep.

Asep menambahkan, beberapa aspek yang harus sinergi dalam jaringan informasi adalah hardware, software dan aspek brainware. Untuk jaringan kita harus bangga pada Kabupaten Bogor, karena baru di Kabupaten Bogor setiap OPD nya tersambung dengan fiber optic dengan kapasitas bandwidth yang besar yakni untuk bandwidth internasional 100 Mbps dan untuk lokalnya 250 Mbps. Intranet Kabupaten Bogor menggabungkan semua OPD untuk bisa berkomunikasi dengan baik, yang seluruhnya dikendalikan oleh Diskominfo.

“Kita punya Network Operating Center (NOC) yang berfungsi untuk mengelola data center, ada server-server, email server, dns server dan yang lainnya. Jadi pusat internet saat ini ada di Diskominfo. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik, untuk itu perlu pemahaman yang baik dalam memanfaatkan teknologi hal ini. Maka tugas kami bersama Diskominfo mengedukasi SDM di tiap OPD yang diberikan tanggung jawab mengelola TI”, terang Asep. (ibp) Editor: Imam Bhakti Pratama


Diberdayakan oleh Blogger.