header_ads

Linguaphone.id

Netty Heryawan Ingatkan Arti Penting Keluarga

BERITA BOGOR - TP PKK Jawa Barat giatkan kaum ibu berperan total dalam keluarga. 

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan memberikan inspirasi dalam pembagian peran perempuan di ruang publik dan domestik dalam sebuah seminar pada Musyawarah Wilayah III PW Salimah (Persaudaraan Muslimah) Provinsi Kalimantan Barat. 

Menurutnya, keluarga merupakan institusi kecil di masyarakat tetapi dampaknya besar dalam pembentukan karakter bangsa. ”Ada beberapa fungsi keluarga terdiri dari fungsi fisiologis, fungsi psikologis dengan menerima setiap anggota keluarga apa adanya, fungsi transformasi adanya pengokohan peran dalam keluarga,” ungkap Netty pada seminar yang bertema Peran Perempuan Dan Organisasi Dalam Membangun Ketahanan Keluarga di Hotell Grand Mahkota Kota Pontianak, Sabtu (4/4/2015).

Pada kenyataannya, Netty menyebutkan, ada beberapa hal yang menjadi hambatan serta tantangan dalam keluarga seperti masih rendahnya tingkat pendidikan, pola asuh anak, misinterpretasi nilai, kultur/konstruksi sosial dan lemahnya sistem dalam keluarga. “Ini yang seringkali menjadi akar dari berbagai penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat,” katanya.

Netty menuturkan solusinya melalui pola komunikasi yang baik dalam keluarga, mempunyai visi yang sama dan pola penguatan dan pengembangan ketahanan keluarga. Sehingga setiap keluarga mempunyai antibodi dan imunitas terhadap pengaruh negatif dari luar serta mempunyai karakter bangsa kuat. "Idealnya sebuah  keluarga dapat dibina melalui pernikahan yang bersinergi, dapat meningkatkan pengetahuan dan spiritual serta hadirnya kebahagiaan," lanjutnya.

Lebih jauh mengenai seminar dalam Muswil ini, Netty berharap dapat menguatkan para peserta seminar dan organisasi perempuan lain untuk terus berkontribusi melakukan kerja-kerja yang edukatif dan advokatif.  "Selain itu, sinergi antara pemerintah dan organisasi perempuan di Provinsi Kalimantan Barat akan semakin baik," harapnya.

Seminar ini dihadiri oleh organisasi perempuan di Kalbar,  Tokoh Wanita, Majelis Taklim dan organisasi wanita kampus se-Kalimantan Barat. Seminar yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (3-4/05) dihadiri 250 orang peserta. Kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan dalam Musyawarah Wilayah III dikarenakan Ia dinilai sebagai salah satu tokoh perempuan mumpuni yang mempunyai kepedulian terhadap permasalahan yang dialami oleh perempuan, anak dan keluarga. Ini sejalan dengan visi Salimah yaitu menjadi organisasi masa muslimah yang dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak Indonesia.

Wakil TP PKK Provinsi Kalimantan Barat Yanita Adi Kamtono memandang penting sumber daya manusia di setiap daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti halnya Salimah ini dan organisasi perempuan lainya dapat turut serta dalam memberikan gambaran utuh dalam kiprahnya untuk pembangunan nasional.

Hal senada disampaikan Istri Sekda Provinsi Kalimantan Barat Ratna Zuniar MZ menyambut baik kegiatan ini dalam membantu permasalahan di masyarakat. Karena masih rendahnya sumber daya manusia di masyarakat, adanya angka kematian ibu dan bayi, kasus traffiking dan kekerasan seksual. Diharapkan dengan adanya organisasi perempuan ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan perempuan dan anak dengan melayani dan mengedukasi masyarakat. (dwi)


Diberdayakan oleh Blogger.