header_ads

Kwarcab Kabupaten Bogor Akan Gelar Muscab

BERITA BOGOR -  Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor gelar Muscab Ke-XV.

Dalam rangka pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka dilakukan secara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan yang dilakukan oleh satuan-satuan bina maupun satuan gerak mulai dari jenjang Gugusdepan sampai dengan Kwartir Nasional, maka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor menggelar Musyawarah Cabang Ke-XV Tahun 2015 di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kamis (23/4/2015).

Wakil Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten bogor, H. Asmawinata mengungkapkan kegiatan ini sebagai satuan gerak pembinaan dan pengembangan memiliki peran strategis dalam fungsinya sebagai pembina dan penggerak aktifitas kepramukaan di wilayahnya, sehingga Kwartir Cabang dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan tersebut baik secara konsepsional maupun operasionalisasi.

Kaitan dengan tujuan tersebut, lanjut H. Asmawinata, pelaksanaan kebijakan Kwartir Cabang telah dirumuskan dalam Rencana Kerja masa bakti 2010 – 2015 hasil dari Mucab XIV 2010, dan saat ini dengan telah berakhirnya masa bakti Pengurus Kwartir Cabang perlu disusun kembali Rencana Kerja masa bakti 2015 – 2020 melalui forum Musyawarah Cabang XV tahun 2015. “Tema kegiatan adalah satukan visi dalam upaya menjadikan kabupaten bogor sebagai kwarcab termaju,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan dilaksanakannya Musyawarah Cabang XV ini adalah sebagai forum tertinggi dalam menentukan kebijakan, menyusun Rencana Kerja dan Pengurus Kwartir Cabang masa bakti 2015 – 2020. Kegiatan ini berdasarkan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Munas Gerakan Pramuka Tahun 2013 Nomor  11/Munas/2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

“Hal ini juga berdasarkan Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pergantian Antar Waktu Pengurus Kwarcab Kabupaten Bogor Masa Bakti 2010 – 2015, serta berdasarkan Program Kerja Pembinaan dan Pengembangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor Tahun 2015 dan Hasil Rapat Pengurus Kwarcab tanggal 6 Februari 2015,” jelasnya.

Disinggung mengenai kandidat yang akan bertarung memimpin Kwartir cabang, H. Asmawinata mengatakan masih dirahasiakan sampai kemudian terlaksana musyawarah cabang berlangsung. “Kandidat kemungkinan ada dua orang yang sudah berpengalaman dan berkiprah di Kwartir Cabang, tapi nama kandidat itu belum bisa saya ekspose sekarang, nanti saja saat pelaksanaannya di Gedung Tegar Beriman,” katanya. (ibp) Editor: Imam Bhakti Pratama





Diberdayakan oleh Blogger.