header_ads

Jabar Akan Tebar Dua Juta Bibit Kopi

BERITA BOGOR - Gubernur Jabar yakini memiliki kawasan untuk pengembangan pohon kopi. 

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan mengungkapkan, dalam tahun 2015 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membagikan dua juta bibit pohon kopi dalam upaya mendukung produktivitas tanaman kopi di Jawa Barat.

Sejumlah dua juta pohon kopi tersebut, 40 persen diantaranya atau sebanyak 800.000 bibit pohon kopi akan dikelola oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, sedangkan sisanya akan diberikan atau dikelola oleh masyarakat.

“Tahun lalu Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga membagikan satu juta bibit pohon kopi. Mudah-mudahan tahun depan kita mampu mengelola lima juta pohon. Anggarannya ada. Cuma tenaga verifikator pohon kopi terbatas, jadi bukan urusan dana,” katanya.

Provinsi Jawa Barat, menurut Gubernur, memiliki banyak daerah yang cocok untuk pengembangan pohon kopi. Lahannya cukup luas dan masyarakat pun bersemangat menanam pohon kopi karena harga biji kopi bisa naik sampai mencapai 400 persen. Misalnya, dahulu sebelum memunculkan nama Java Preanger Coffee, kopi yang sudah dibuka dari cerinya dan sudah mulai kering tapi belum disangrai, harganya hanya Rp 30.000 per kilogram, tetapi sekarang sudah mencapai antara Rp 100.000 sampai Rp 120.000 per kilogramnya. (ibp/enal)



Diberdayakan oleh Blogger.