header_ads

Linguaphone.id

Warga Sauyunan Bersihkan Drainasse

BERITA BOGOR - Setelah menerima mandat, Ketua RT 04/07 langsung tancap gas membenahi lingkungan. 

Bagya Setiawan yang baru menduduki jabatannya sebagai Rukun Tetangga (RT) di wilayah RT 04/07, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, melakukan gebrakan dengan mengerahkan warganya untuk membersihkan saluran air (drainase) yang selalu menjadi biang banjir di wilayah tersebut.

Air yang meluap dan membanjiri rumah warga kerap menjadi kekecewaan warga, lantaran drainase tersebut jarang dipelihara atau dibersihkan. Akibatnya, kedalaman yang awalnya mencapai sekitar 60 cm kini hanya 20 sentimeter. "Akibat jarang dibersihkan, banyak sampah, pasir dan bebatuan yang masuk menyebabkan kedalaman drainase menjadi dangkal. Oleh sebabnya, ketika hendak turun hujan air yang masuk ke drainase ini tidak mampu menampung banyaknya air sehingga meluap kerumah warga," katanya, Minggu (1/3/2015).

Langkah awal yang dilakukan Bejo (sapaan akrabnya) mendapat respon baik masyarakat sekitar. Menurutnya, kegiatan pemeliharaan drainase itu akan digenjot setiap minggu kedua setiap bulannya. "Demi menghindari penyumbatan air, maka kegiatan pemeliharaan ini akan dilakukan satu bulan dua kali yakni di minggu kedua dan minggu keempat," tuturnya. (eric) Editor: Erick Mulyadi

Diberdayakan oleh Blogger.