header_ads

Linguaphone.id

Pengawasan Menara Telekomunikasi Lemah


BERITA BOGOR - Pengawasan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi dinilai lemah, provider belum konsisten terapkan peraturan menara bersama. 

Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kepala Badan Koordinasi dan Penanam Modal, Nomor 18 Tahun 2009 07/PRT/M/2009, Nomor 19/PER/M.KOMINFO/03/2009.3/P/2009 secara tegas memerintahkan agar semua provider menerapkan Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi.

Tentu saja hal ini menjadi tugas yang tidak mudah bagi Dinas Komunikasi Dan Informasi (Diskominfo) di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Kendati sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mensosialisasikan Pengawasan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi, termasuk memberlakukan menara bersama dan mengarahkan pemilik menara agar memakai menara yang telah ada. 

"Penerapannya masih dirasa belum optimal, khususnya di wilayah selatan Bogor. Bila kita berdiri diatas bukit maka apa yang kita lihat sungguh mengejutkan masih bertebaran menara yang berada ditengah permukiman penduduk, terutama di Kota Bogor. Padahal apabila menara bersama benar-benar dilakukan tentunya akan jauh lebih baik," kata Sunyoto, Pegiat Lingkungan Hidup Bogor, Senin (9/3/2015)

Menurutnya, pengawasan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi yang dilaksanakan Diskominfo perlu lebih ditingkatkan pada tahun ini. "Tahun ini harus ada komitmen kuat pihak terkait untuk melakukan penekanan secara tegas kepada semua Provider yang beroperasi di Bogor," harapnya. (cj) Editor: Alsabili



Diberdayakan oleh Blogger.