header_ads

Pelajar Dibekali Wawasan Politik

BERITA BOGOR - Partisipasi politik dari kalangan pelajar dan mempertajam ketanggapan terhadap isu-isu politik perlu ditingkatkan.

Dalam rangka pengembangan wawasan masyarakat dan pelajar sebagai pelaku dalam sistem politik nasional dalam proses pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif dan demokratis, Kantor Kesatuan Kebangsaan Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan politik kepada MasyarakatDAN pelajar tingkat Kabupaten Bogor, di Megamendung, Rabu (11/3/2015)

Puluhan siswa yang menjadi delegasi 20 sekolah menengah tingkat atas (SMA) diberikan bekal untuk mengawal proses pendewasaan berpolitik masyarakat guna menciptakan sistem demokrasi yang sesuai dengan cita-cita nasional. "Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan satu langkah penting dalam meningkatkan partisipasi politik dari kalangan pelajar serta mempertajam ketanggapan pelajar terhadap isu-isu politik yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas Kepala Kantor Kesbang Kabupaten Bogor, M. Rizal.

Menurutnya, upaya pencerdasan harus dilakukan secara intensif, karena meskipun cukup banyak warga masyarakat yang telah memiliki pemahaman tentang politik secara garis besar, namun masih belum banyak yang mengerti mengenai sumbangsih yang dapat diberikan untuk membangun kehidupan politik yang sehat dan kuat.

Sejalan dengan hal itu, dirinya berharap agar kegiatan penyuluhan politik ini berhasil mendorong pelembagaan demokrasi yang kokoh dan menjadikan para pelajar semakin terdidik dalam menjaga dan mengembangkan demokrasi sebagai sumber kekuatan politik yang esensial, terutama dalam peristiwa-peristiwa politik. Sebab,Kecerdasan dan pemahaman pelajar dalam mendalami ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan proses demokrasi akan menjadi landasan yang kokoh bagi tegaknya sendi-sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang demokratis dan saling menghargai satu sama lain pada setiap tingkatan peristiwa peristiwa politik..

"Manakala para pelajar mampu memahami politik dan demokrasi secara positif dalam kerangka kebangsaan dan ketatanegaraan, peran dan partisifasi pelajar dalam pembangunan daerah juga akan semakin meningkat serta memberikan sumbangsih yang signifikan bagi terbentuknya komitmen politik yang kuat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang," lanjutnya.

Dirinya berharap lahir dari kegiatan ini, kedepannya proses pencerdasan politik pelajar akan berlangsung lebih efektif dan kita dapat lebih berkonsentrasi kepada upaya-upaya pencapaian visi terwujudnya kabupaten bogor sebagai kabupaten termaju di indonesia. (adv)

11/3/2015
11/4/2015

Diberdayakan oleh Blogger.