header_ads

BLH Pulihkan Lahan Eks Peleburan Aki Bekas

BERITA BOGOR - Sejak tahun 1990 aktifitas pembakaran aki bekas di wilayah Desa Cinangka Kecamatan Ciampea meresahkan warga. 

Pencemaran Timbel yang berasal dari usaha peleburan aki bekas telah menyumbangkan dampak lingkungan hidup maupun gangguan kesehatan bagi manusia, seperti penurunan daya pikir anak, cacat fisik pada janin, keguguran spontan, kerusakan fungsi ginjal dan otak serta efek kesehatan manusia lainnya.

Deputi IV Menteri Lingkungan Hidup republik Indonesia, Rasio Ridho Sani, mengungkapkan dampak negatif yang luar biasa bagi lingkungan hidup dan kelangsungan umat manusia yang diakibatkan oleh aktifitas peleburan aki bekas sudah saatnya dihentikan. "Kami bersama BLH Kabupaten Bogor telah melaksanakan pemulihan lahan yang terkontaminasi limbah B3 di Desa Cinangka, dengan cara melakukan pembongkaran tanah bekas yang terkontaminasi seluas 2.850 meter kubik," jelasnya, Selasa (10/3/2015).

Sebelumnya, Usaha pembakaran aki bekas di Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea menjadi alasan jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) sekaligus penutupan terhadap aktifitas illegal itu, Kamis (5/3) kemarin. Camat Ciampea, Juanda Dimansyah, menerangkan penyegelan tempat produksi pembakaran akinya dan membongkar semua tungku termasuk menyita alat kerjanya, apabila masih melakukan ada kegiatan pembakaran aki bekas di Ciangka ini, maka pihak kepolisian langsung akan menindak sesuai dengan undang undang yang berlaku.

Sedangkan, Kepala Desa Cinangka, Nurdin menambahkan, usaha pembakaran aki bekas diwilayahnya tersebut sudah berjalan sejak turun temurun sebelum masuk lis trik, dan usaha ini sempat ramai di tahun 1990. Perangkat desa dan kecamatan sendiri sudah mensosialisakan ke masyarakat dampak dari pembakaran aki bekas lewat pengajian dan rapat tingkat rt dan rw, namun masih belum tersentuh. Padahal, lanjutnya, pada 2011 lalu, warga memprotes dan mendemonya sehingga tempat pembakaran aki itu ditutup. (cj) Editor: Alsabili




Diberdayakan oleh Blogger.