header_ads

Pembangunan Desa Cikeas Udik Semakin Pesat

BERITA BOGOR - Moch Haris Klaim Cikeas Udik Terus Berkembang 

Selama dua tahun kepemimpinannya menjadi Kepala Desa Cikeas Udik, Mochamad Haris klaim banyak pembangunan yang sudah dicapai dan akan terus berkembang. Hal ini dikatakannya saat menggelar tasyakuran dua tahun kepemimpinannya bersama masyarakat di halaman kantor Desa Cikeas Udik, Gunung Putri, Selasa (24/3/2015). 

Beberapa pencapaian diantaranya di bidang pendidikan yakni peningkatan prestasi, salah satunya dengan memberikan motivasi berupa pemberian beasiswa bagi guru dan anak murid berprestasi. Sementara di bidang infrastruktur pendidikan sampai saat ini masih terkendali dan layak dipergunakan, sejauh ini tidak ada masalah. 

“Di bidang kesehatan kita terus memberdayakan 17 Posyandu yang kita miliki, namun karena jarak Pukesmas cukup berjauhan, Desa Cikeas Udik membuat Puskes Desa untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses Puskesmas yang berjauhan. Untuk angka kematian ibu dan bayi, kami bersyukur dari angka kelahiran per tahunnya mencapai 100 jiwa, angka kematiannya tidak sampai 10 persen. Sebagai kepala desa saya selalu berupaya mensosilaisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat saya”, tandas Haris.

Menurutnya, di bidang pemberdayaan masyarakat, di sini ada Kelompok Wanita tani (KWT)  mereka membuat empang kolam ikan, dan hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan kelompoknya. Termasuk kerajinan kripik dan tanaman yang pasarnya sudah menjangkau luar daerah. Pembangunan RTLH sampai sekarang sudah dibangun 180 unit dan sekarang masih sisa sekitar 65 unit, semua berkat gotong-royong masyarakat, yang tadinya subsidi pemerintah 7,5 juta rupiah sisanya bisa ditanggulangi oleh swadaya masyarakat. Dan untuk PBB kita sudah mencapai 75 persen. (rido) Editor: Dwitama




Diberdayakan oleh Blogger.