header_ads

Linguaphone.id

KAPD Terapkan Kunjungan Interaktif

BERITA BOGOR - Komunitas Reptil berinteraktif dengan pelajar di Perpustakaan Daerah Kab.Bogor. 

Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah (KAPD) Kabupaten Bogor secara bertahap akan meningkatkan kegiatan kunjungan perpustakaan daerah yang bersifat interaktif. Hal ini mengingat anggaran yang tersedia masih belum memadai, yakni sebesar Rp.90 Juta untuk tahun 2015. 

Kepala KAPD Kabupaten Bogor, Ferry Adnan mengungkapkan bahwa dana yang telah dialokasikan tersebut digunakan untuk membeli buku - buku dalam berbagai klasifikasi guna menambah ketersediaan buku pada perpustakaan daerah. “Kendati dananya tergolong minim, namun pihak kami berupaya untuk memaksimalkannya dengan pengembangan kunjungan perpustakaan daerah,” ungkapnya. 

Berkaitan dengan pengembangan kunjungan perpustakaan daerah, lanjut Ferry Adnan, pihak KAPD Kabupaten Bogor akan mengubah konsep kunjungan perpustakaan daerah dari yang semula menerapkan konsep kunjungan membaca buku menjadi konsep kunjungan interaktif.

Konsep kunjungan interaktif dimaksud adalah para pengunjung tidak hanya datang untuk membaca buku semata, melainkan pula para pengunjung dapat berinteraktif dan berkomunikasi dengan ahli di perpustakaan daerah. Perpustakaan dinilai perlu memadukan antara edukasi dan entertainment (edutainment) agar minat masyarakat mengunjungi perpustakaan semakin meningkat jumlahnya,” jelasnya.

Menurutnya konsep kunjungan interaktif ini mendapat respon cukup luar biasa dari pengunjung perpustakaan daerah, hal ini terbukti dengan jumlah kunjungan yang semula hanya 40 orang pengunjung menjadi 200 orang pengunjung. (dwi)

Diberdayakan oleh Blogger.