header_ads

Linguaphone.id

Adinda Septia Kinanti Meriahkan Bogor Street Fest

BERITA BOGOR - Kompetiter Penari Cilik Berbakat Asal Bogor Sandrina IMB, Selain Amelia, Talenta Dinda Diperhitungkan.  

Kesempatan yang diberikan oleh Panitia Cap Go Meh Bogor Street Fest 2015 kepada penari cilik, Adinda Septia Kinanti yang akrab disapa Dinda, untuk tampil memeriahkan Pesta Rakyat Bogor, Kamis (5/3/2015), mampu menyita perhatian masyarakat yang tumpah di Jalan Surya Kencana saat kegiatan salah satu ikon Kota Bogor ini.

"Seiring lantunan tembang Jaipong khas Sunda, Dinda yang baru duduk di kelas IV SDN Ciluar 02 Sukaraja bogor ini sungguh mahir menyajikan tarian gemulai nan lentur, power full, ekspresif, dan menghibur diatas panggung Pesta Rakyat Kota Bogor tahun ini," ungkap Abah Ocin Sudjana, budayawan sekaligus pelatih Degung pelajar kelas IV SDN Ciluar 01 Sukaraja Bogor, usai acara.

Menurutnya, gadis cilik kelahiran Cianjur pada 10 tahun silam yang dijuluki Sang Dewi Ringgit ini membuktikan bahwa kesenian peninggalan leluhur memiliki nilai seni sangat tinggi yang patut ditekuni oleh anak - anak sejak usia dini. "Abah berharap agar kesenian tari tradisional di Bumi Padjajaran tidak mengalami degradasi oleh derasnya pengaruh budaya asing yang masuk di tanah air," pesannya kepada generasi penerus bangsa. 

Promotor BBC Sundanesee, Alsabili, mengungkapkan kepiawaian Dinda sebagai penari cilik merupakan aset Bogor yang dipersiapkan untuk menjadi penerus pelestarian kesenian Sunda kelak. "Dinda menekuni seni tari tradisional sejak usia 3 (tiga) tahun, selain mampu menguasai berbagai seni tari daerah juga memiliki misi sebagai pelestari kesenian tari tradisional Sunda di masa kini dan masa yang akan datang. Oleh sebab itu talenta anak jangan di eksploitasi hanya untuk kepentingan commercial oriented yang berdampak terhadap jiwa anak itu sendiri. Sudah banyak bukti anak yang sempat populer lalu tenggelam bak ditelan bumi, itulah sebabnya kami memiliki konsep yang konsisten mencetak kader pelestari kesenian tradisional seutuhnya, jadi bukan mengejar popularitas karbitan," ungkap mantan Penyiar Radio Agustina FM Jakarta era 1990-an ini.

Saat dihubungi, Ketua Panitia Bogor Street fest 2015, Jemmy Charter, menyampaikan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada para seniman cilik asal Bogor, penari cilik Dinda dan 6 (enam) pemain kesenian Degung Cilik SDN Ciluar 01 Sukaraja Bogor yang dipromosikan BBC Sundanesse. "Penampilan seniman cilik ini menjadi daya tarik tersendiri dan unik  lantaran semua berusia sangat belia dan piawai dalam talenta kesenian tradisional yang turut memeriahkan helaran budaya nusantara saat peringatan Cap Go Meh tahun ini," ucapnya saat dihubungi Berita bogor. (dani) Editor: Erick Mulyadi


Diberdayakan oleh Blogger.