header_ads

Seni Degung SDN Ciluar 01 Warnai Cap Go Meh 2015

BERITA BOGOR - Melestarikan seni budaya luhur ditanamkan sejak usia dini. 

Kepiawaian memainkan alat musik Degung yang dimiliki belasan pelajar kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ciluar 01 Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, patut diperhitungkan. Pasalnya, penampilan perdana mereka diatas panggung Pesta Rakyat Bogor, 5 Maret 2015 (kemarin-red), membuat ribuan pengunjung berdecak kagum.  

Bermula ketika informasi keberadaan belasan siswi sekolah dasar yang memiliki talenta cukup langka ini sampai ke telinga pegiat budaya Bogor, sehingga membuat BBC Sundanesse bekerjasama Panitia Bogor Street Fest 2015 tidak ragu menggandeng kelompok Degung Cilik ini untuk tampil dalam rangka turut memeriahkan peringatan Cap Go Meh yang bertempat di Vihara Hok Tek Bio Danaghun Jalan Surya Kencana Kota Bogor. 

Kepala SDN Ciluar 01 Sukaraja, Dra Hj Nani Widiyawati mengatakan bahwa tawaran ini merupakan kesempatan anak didiknya untuk bisa mengeksplore kemampuan kesenian lokal dihadapan publik sekaligus menjadi motivasi dan inspirasi bagi anak - anak usia sekolah dasar lainnya. Pemain Degung Cilik yang tampil adalah Elsa Ananta Fahira (Gong), Ratu Amelia (Jenglong), Salwa Herlina (Bonang), Erlina Syafitri (Saron 1), Juwita Amanda Putri (Saron 2), dan pelatihnya Abah Osin Sudjana.

Menurutnya, sebanyak 15 siswi terbagi menjadi tiga kelompok ini berlatih diruang serbaguna sekolah menggunakan seperangkat peralatan musik degung inventaris SDN 01 Ciluar Sukaraja Bogor, dengan jadwal latihan dua kali dalam seminggu. "Hal ini merupakan salahsatu komitmen sekolah untuk membentuk sumber daya manusia yang aktif kreatif inovatif sesuai perkembangan jaman, dan membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat, sesuai Visi Misi SDN Ciluar 1 Sukaraja Bogor menyiapkan generasi unggul yang memiliki Imtaq dan menguasai Iptek," kata Kepala SDN Ciluar 01 Sukaraja, Dra Hj Nani Widiyawati. 

Dalam waktu dekat, lanjutnya, kelompok Degung dan kelompok Jaipong ini akan menyambut kedatangan tamu undangan yang berasal dari Tim Akreditasi Sekolah Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Bogor. Sekolah yang menyandang Akreditasi B ini dinilai berhasil dalam meningkatkan kualitas siswa serta menggiatkan ekstra kurikuler kesenian tradisional, pencak silat, menggambar, olah vocal, pramuka, futsal dan tenis meja. Sedangkan prestasi yang telah dicapai pelajar adalah juara 1 lomba Tahfidz pada Desember 2014, juara 2 Futsal tingkat kecamatan pada Oktober 2014, juara 2 cerita menggambar dan juara 3 menggambar pada Februari 2015.

Pelatih Degung Cilik, abah Ocin Sudjana menegaskan perlu ditanamkan kecintaan terhadap kesenian tradisional sejak usia dini agar kedepannya dapat menjadi kader seni Sunda. "Mereka sudah hampir satu tahun lamanya diberikan pelatihan khusus seni musik Degung dan Tari Tradsionla Sunda yang dipersiapkan pihak Sekolah sebagai generasi penerus untuk melestarikan kesenian tradsional," jelasnya.  (dani) Editor: Imam Bhakti Pratama



Diberdayakan oleh Blogger.