header_ads

Linguaphone.id

Komunitas Peduli Bencana Jabar

BERITA BOGOR - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan bersinergi dengan komunitas peduli bencana di Jawa Barat. 

Wakil Guberur Jawa Barat Deddy Mizwar, mengatakan dalam menghadapi serta menanggulangi bencana alam yang terjadi di Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan bersinergi dengan komunitas peduli bencana yang ada di Jawa Barat. Hal ini perlu dilakukan karena pemerintah tak dapat menyelesaikan sendiri persoalan bencana alam di Jawa Barat.

Hal ini diutarakan usai melakukan pertemuan dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Kepala Dinas Sosial Jabar, serta Kepala Biro Pengembangan Sosial Setda Provinsi Jabar di Rumah Dinas Wagub Jabar, Jl. Ir. H. Juanda No, 148 Bandung, Kamis (12/2), 

Deddy Mizwar berharap akan ada sinergitas antara FPRB-yang merupakan kumpulan dari beberapa komunitas peduli bencana yang profesional dengan BPBD, serta dinas terkait lainnya seperti Dinas Sosial dalam mitigasi ini. “Fungsinya pengurangan risiko bencana, jadi bukan hanya menanggulangi bencana-yang setelah terjadi. Tapi justru pengeurangan risiko bencana tadi dimulai dari sebelum bencana”, ungkap Wagub usai pertemuan.

Salah satu program persiapan, lanjutnya, serta penyelamatan sebelum bencana adalah melalui sosialiasi atau penyuluhan yang akan dilakukan kepada institusi pendidikan atau sekolah. Nantinya, kabupaten/kota dapat menunjuk lokasi rawan bencana di daerahnya untuk diberikan penyuluhan tersebut.

Hal tersebut, tambah dia, apabila dioptimalkan dengan baik melalui kerjasama dengan pemerintah daerah (baik kabupaten/kota ataupun provinsi) akan menjadi kekuatan yang cukup besar dalam menangani kebencanaan di Jawa Barat. Untuk itu, Pemprov  pun memfasilitasi komunitas tersebut dalam menjalankan program mitigasi kebencanaan ini melalui fasilitas serta kemampuan orang-orang terlatih yang mereka miliki. (red/jbr) 



Diberdayakan oleh Blogger.