header_ads

Drainase Bondongan Buruk

BERITA BOGOR - Tidak terawatnya saluran air memperparah kondisi lingkungan Rt 03/07 Bondongan Bogor Selatan. 

Tumpukan sampah membentang disepanjang drainase tersebut menjadi persoalan warga Gang Aut Rt 03/07 Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, lantaran air yang tersumbat dan meluap kejalan kerap membanjiri pemukiman warga sekitar.

Pembangunan drainase sepanjang ratusan meter itu dilakukan beberapa tahun lalu oleh dinas terkait. Namun pihaknya sama sekali pernah melakukan pengecakan ulang atau perbaikan meskipun kondisi hingga saat ini ada retakan dengan kemiringan tembok yang membahayakan rumah padat penduduk disekitarnya tepat dibawah saluran air tersebut.

Menurut penjelasan warga, sejak 2013 lalu perwakilan warga sudah melaporkan kepada aparatur setempat mengenai kondisi saluran air tersebut, namun hingga saat ini belum ada jawaban atau solusi. "Kami pernah melaporkan hal ini kepada pihak RT, RW, hingga Lurah pada 2013, namun hingga saat ini belum ada reaksinya. Kami kawatir kemiringan tembok penghalang diatas drainase ambruk dan menimpa rumah warga yang ada tepat dibawahnya," kata salah satu warga sekitar, Rahmat, kemarin.

Sementara menurut Kepala Bidang Reservasi Jembatan dan Jalan pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bogor, Fahmi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pengecekan terkait drainase tersebut. "Saya akan kerahkan anak buah untuk melakukan peninjauan kelokasi. Namun sebelumnya saya harus pastikan apakah yang dilaporkan itu pekerjaan DBMSDA atau Pengawas Bangunan dan Pemukiman (Wasbangkim)," ujarnya. (em) Editor: Erick Mulyadi 



Diberdayakan oleh Blogger.