header_ads

Linguaphone.id

Desa Cikeas Minim Program CSR

BERITA BOGOR - Desa Cikeas masih minim pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan warga serta lemahnya CSR pengusaha setempat. 

Derasnya aliran sungai Cipicung, anak sungai Kali Baru Ciliwung yang membelah Desa Cikeas dan Cadas Ngampar Kecamatan Sukaraja semakin mengikis tebing sungai setinggi rata-rata 6 meter. Kondisi ini dikhawatirkan dapat menimbulkan kerawanan keselamatan jiwa manusia yang berdomisili di sepanjang bantaran sungai tersebut. 

Warga Rw 05 Desa Cikeas, Ny.Ipah (38) mengungkapkan bila hujan turun deras membuat air sungai meluap dan kerap mengikis tebing Kali Cipicung. "Pinggir kali itu semakin lama semakin dikikis hingga mendekati jalan setapak yang kerap dilalui warga, jadi kita jadi takut kalau lewat situ," ungkap ibu satu anak ini, Senin (2/2/2015).

Saat ditemui, Kepala Desa Cikeas Erfan membenarkan kondisi tebing Kali Cipicung dianggap perlu dibangun turap sepanjang 900 meter demi kelestarian lingkungan dan keselamatan warga setempat. "Kami sudah usulkan pembangunannya ke pihak Pemerintah Kabupaten Bogor bersamaan dengan usulan program lainnya melalui hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa yang diserahkan ke pihak kecamatan Sukaraja," paparnya saat ditemui diruang kerja. 

Disinggung mengenai program prioritas Musrenbang Desa Cikeas, dirinya mengatakan sudah mengusulkan pembangunan infrastruktur jalan berupa betonisasi sepanjang 300 meter dengan lebar 2 sampai 2,5 meter senilai Rp.100 juta di wilayah Rw 02 Desa Cikeas, dan penguatan permodalan BumDes senilai Rp.100 juta serta dana rehabilitasi lanjutan Kantor Desa sebesar Rp.100 juta. 

"Kami juga berharap tahun ini bisa kembali mendapat bantuan program Rumah Tidak Layak Huni, sebab ada rumah yang roboh diterjang angin kencang pada tahun lalu. Dan, yang tak kalah pentingnya kami masih prihatin terhadap pengusaha di Desa Cikeas yang belum sadar akan pentingnya program CSR bagi lingkungan sekitar, apalagi saat ini kami ingin membangun pagar lapangan sepak bola yang selama telah melahirkan pemain sepakbola nasional," tambahnya.  (beta) 


Lapangan sepak bola terletak didepan kantor Desa Cikeas sebagai saksi bisu pencetak bibit pesepakbola. 



Diberdayakan oleh Blogger.