header_ads

Desa Cijujung "Hayang" Peralatan Seni Degung

BERITA BOGOR - Desa Cijujung menyimpan potensi kesenian tradisional "Degung" yang belum tergali secara optimal.

Desa Cijujung menyimpan potensi kesenian tradisional yang belum tergali secara optimal, diantaranya kesenian Degung khas Sunda yang sudah bertahun - tahun eksis melakukan kaderisasi, namun demikian grup degung pimpinan Ipang warga Kampung Blodes Rt 03/02 Desa Cijujung ini belum memiliki prasarana berupa seperangkat peralatan alat musik yang memadai.

"Saya hanya meneruskan warisan dari bapak dan kakek saya untuk melestarikan kesenian leluhur ini dengan modal seadanya, dan selama ini belum pernah tersentuh program pembinaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor karena saya belum tahu prosedurnya," ungkap Ipang, Selasa (3/2/2015).

Grup seni pimpinannya ini setiap tahun memang diundang oleh pihak Desa untuk mengisi acara Peringatan Hari Proklamasi, akan tetapi Ipang selalu menyewa peralatan Degung dan soud system dari sanggar milik sahabatnya di Kota Bogor. Harga peralatan itu sebenarnya ada yang murah, yaitu Rp.30 jutaan saja termasuk sound system yang standar, kalau yang bagus mah bisa Rp.60 jutaan harganya. Tapi kami tidak memiliki uang sebanyak itu makanya berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bogor," harapnya. 

Terpisah, Kepala Desa Cijujung, H. Sukardi Azis membenarkan adanya potensi kesenian tradisional di wilayah kerjanya yang belum tergali secara optimal. "Selama ini grup Degung itu menghidupi sanggarnya dari order manggung dari kampung ke kampung, bahkan Ipang dkk sudah memiliki kader anak muda yang diajari memainkan alat musik tradisional Sunda agar kesenian leluhur ini tetap lestari tak ditelan perkembangan jaman yang semakn canggih ini," tambahnya.

Disinggung mengenai program prioritas Musrenbang tahun ini, dirinya mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengajukan pengaspalan jalan desa Cijujung Rw 03 sampai Rw 09 sepanjang 600 meter dengan lebar rata rata 3 meter. "Termasuk pembuatan drainase di jembatan Pari Rw 03 sepanjang 250 meter agar lingkungan tidak kumuh dan lapisan jalan aspal tidak cepat rusak," tuturnya. (ice)


Diberdayakan oleh Blogger.