header_ads

BKP5K Akan Wujudkan Swasembada Pangan

BERITA BOGOR - BKP5K ingin wujudkan swasembada pangan padi, jagung dan kedelai pada tahun 2015 - 2017.  

Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BKP5K) Kabupaten Bogor mengadakan rapat koordinasi dengan para UPT pertanian dan kehutanan serta para penyuluh, agar apa yang di inginkan kedepan dapat tercapai. 

Kegiatan ini dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor,Hj.Nurhayanti. Yang bertempat di aula BKP5K,Kel.sindang barang,kota Bogor, Kamis, (12/2/2015).

Saat memberikan arahan,Plt Bupati menekankan bahwa komoditas pangan merupakan elemen strategis penunjang kebutuhan hidup yang sangat penting. Maka,ketahanan pangan merupakan prioritas utama yang harus terus di kawal dengan di dampingi oleh penyuluh serta TNI karena Kabupaten Bogor memiliki potensi sumberdaya alam dan agroekosistem yang baik. 

Terlebih,Nurhayanti menyampaikan potensi yang kita miliki cukup memadai untuk mendukung program upsus pajale,tercatat luas sawah ada 46.583 HA,luas panen padi 88.529 HA,produksi padi 563,756 ton,kebutuhan beras 473.861 ton sedangkan pemenuhan kebutuhan 270.101 ton, sedangkan potensi lahan jagung 5.438 HAdan untuk kedelai 100 Ha. 

Terakhir terkait masalah irigasi yang menjadi salah satu kendala bagi para petani,Nurhayanti berjanji akan berjuang ke Pemerintah Pusat dan Provinsi agar mendapatkan perhatian,karena bantuan dari Pusat baru 17 irigasi, di Kabupaten Bogor dari total 900 irigasi,hampir 400 irigasi rusak,maka harus ada penanganan khusus dalam urusan irigasi. 

Sementara itu, Kepala badan BKP5K Kabupaten Bogor, Siti Farikah telah menyiapkan beberapa program kerja yang berbasis masyarakat seperti desa mandiri pangan,pelayanan lumbung pangan masyarakat serta adanya mobil keliling untuk penyuluh. "Kita sudah menyiapkan beberapa program untuk mewujudkan swasembada pangan di tahun 2015-2017,diantara bersinergi dengan masyarakat dan juga TNI," katanya. 

Tak hanya rapat koordinasi saja plt Bupati pun turut meresmikan kantor Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan, Kehutanan (BP3K) Wilayah Dramaga dan Asrama BKP5K Kabupaten Bogor dan juga Pameran pertanian dari setiap Kecamatan,turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan,Kepala Diskoperindag,Kepala Dinas perternakan dan perikanan,Perwakilam Korem 03, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bogor serta para Camat. (red/andi)


Diberdayakan oleh Blogger.