header_ads

Dana PON XIX Jabar 691 Miliar Rupiah

Anggaran untuk venue berasal dari APBD Jabar.

Guna merealisasikan pembangunan sarana dan prasarana PON XIX 2016, Pemerintah Provinsi Jawa Barat selaku tuan rumah mengajukan dana sebesar Rp 691 Milyar kepada Pemerintah Pusat dalam APBN Perubahan Tahun 2015. 

"Anggaran ini nantinya digunakan untuk pembangunan venue beberapa cabor dengan standar bangunan megah dan berkelas internasional," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, usai mengadakan rapat koordinasi seputar perkembangan persiapan PON Jabar 2016 dengan KONI Pusat di Gedung Sate, Rabu siang (18/2/2015).

Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua PB PON XIX 2016 Jabar mengatakan pembangunan venue PON sebenarnya sudah dianggarkan dalam APBD Jabar tahun 2015 seluruhnya. Anggaran untuk venue yang berasal dari APBD Jabar adalah untuk membangun venue dengan standar minimal. Namun, Jawa Barat mengajukan dana di APBNP untuk pembangunan beberapa venue cabor dengan standar bangunan yang optimal dan megah-berkelas internasional. 

“Ada beberapa cabor kita bangun dengan APBD Provinsi dalam posisi (bangunan venue) minimal dengan ukuran dan standar internasional  untuk penyelenggaraan. Tapi kalau mau gebyar, (bangunan) besar banget itu harus pakai APBN dan kita perjuangkan. Kita tahun ini mengajukan untuk sarana-prasarana 691 Milyar untuk beberapa cabor," papar Aher di hadapan para awak media.

Salah satu venue cabor yang rencananya akan dibangun megah dan berkelas internasional adalah venue kolam renang yang berlokasi di Gede Bage, Kota Bandung. Sebenarnya Pemprov Jabar sudah menggelontorkan dana Rp 60 Milyar kepada Pemkot Bandung untuk membangun venue kolam renang. Namun, Pemkot Bandung memiliki rencana membangun kolam renang yang megah, sehingga mengajukan kembali dana Rp 240 Milyar kepada pemerintah pusat.

Menurutnya, selama ini KONI Pusat terus memantau Jawa barat dalam menghadapi PON 2016 mendatang yang dinilai lancar. PB PON pun meminta kepada KONI Pusat untuk membantu dalam memperjuangkan anggaran penyelenggaraan PON dari APBN segera terealisasi, yang akan dibahas oleh DPR awal tahun ini untuk penyelenggaraan tahun 2016. Jawa Barat sendiri mengajukan dana untuk penyelenggaraan PON tahun 2016 Rp 900 Milyar hingga Rp 1 Triliun. (Rilis)




Diberdayakan oleh Blogger.