header_ads

Linguaphone.id

Warga Cimandala Minta Lapangan Pekerjaan

BERITA BOGOR - Warga sekitar PT. Astra Otoparts Tbk tagih janji lapangan pekerjaan sesuai kesepakatan ijin lingkungan. 

Puluhan warga Rw 03, Kampung Cimandala Sari, Desa Cimandala, Sukaraja Kabupaten Bogor melakukan unjuk rasa di depan PT. Astra Otoparts Tbk (Adiwira Plastik), tepatnya jalan raya Jakarta Bogor Km 51,3, Ciluar, dengan membangun tenda untuk menutup akses pintu masuk gerbang PT. Astra, Jumat (30/1/2015).

Tokoh masyarakat kampung Mandala Sari, Hermawan, mereka melakukan ini karena pabrik tersebut sudah melanggar kesepakatan bersama antara tokoh masyarakat dan pihak perusahaan, dalam perjanjian apabila pabrik telah berdiri maka warga sekitar harus diberi lapangan pekerjaan.

"Sudah sekitar puluhan tahun janji manis itu tidak kunjung datang, malah kebanyakan yang bekerja diperusahaan ini dari luar daerah," jelas Hermawan kepada Sentananews.com di lokasi pabrik tempat puluhan massa demo.

Hermawan menambahkan, dalam perjanjian perusahan akan mempekerjakan 60 warga realisasinya baru 10 orang yang dipekerjakan itupun hanya satu yang menjadi karyawa. "Sederhana yang kami minta, kami ingin 9 orang warga kami yang sudah bekerja statusnya masih kontrak menjadi karyawan tetap, terutama 2 warga kami yang habis masa kontrak kerjanya. Kami sengaja membangun tenda didepan pintu gerbang untuk menutup akses masuk, dan kami tidak akan mundur sampai tuntutan terpenuhi," pungkasnya.

Sementara, Bagian Umum PT. Astra Otoparts Indonesia, Handoko mengatakan, kondisi perusahaan sedang tidak baik untuk penambahan karyawan. "Penambahan karyawan belum dimungkinkan karena kondisi perusahaan sedang tidak baik," kata Handoko pada sejumlah awak media yang meliput. (ice)


Diberdayakan oleh Blogger.