header_ads

Apel Siaga Bencana Kabupaten Bogor

BERITA BOGOR - Apel dalam rangka meningkatkan kesiap siagaan terhadap banjir dan tanah longsor maupun bencana alam. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengadakan apel siaga bencana yang di gabungan dengan apel pagi,pada ruang lingkup Sekretariat Daerah,yang di pimpin secara langsung Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor,Hj.Nurhayanti. Yang bertempat di Halaman Komplek Pemerintahan Pemda di Sekretariat Daerah, Pada, Selasa (27/1/2015).

Dalam amanatnya, Nurhayanti mengatakan apel siaga bencana bertujuan untuk menanggulangi permasalahan apabila terjadi peristiwa bencana,terlebih sesuai dengan topografi dan kondisi geografisnya daerah di wilayah Kabupaten Bogor berpotensi rawan bencana hampir 23 Kecamatan dari 40 Kecamatan Rawan Bencana,selain itu, pada kondisi cuaca bulan januari-februari sangat berpotensi bencana,khususnya banjir dan longsor.

"Saya ingatkan bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama,bukan hanya BPBD dan relawan lainnya. maka saya minta semua pihak di bawah koordinasi BPBD agar melakukan tindakan dengan cepat dan tepat serta tidak keluar dari ketentuan yang berlaku untuk melakukan penanganan sebaik mungkin, apalagi 23 Kecamatan dari 40 Kecamatan Rawan Bencana, maka perlu penanganan yang serius."Ungkapnya

Terlebih lagi lanjut,Nurhayanti menjabarkan Kabupaten Bogor juga telah melakukan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat,dengan melakukan sosialisasi di kawasan mereka yang tinggal di daerah rawan bencana,jadi bila ada tanda akan terjadi bencana dan saat bencana,mereka sudah siap.

"Pemkab Bogor terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang di tinggal di daerah rawan bencana,agar mereka siap sebelum,saat dan pasca bencana,ini lah yang kita uraikkan dalam kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat."Lanjutnya. 

Dirinya meminta kepada para Camat dan juga Kepala Desa untuk bertindak cepat melaporkan kejadian dan senantiasa siaga dengan menggerakkan semua kekuatan yang ada di lapangan, lakukan tindakan-tindakan antisipasi bersama para kades dan tokoh/relawan yang ada di wilayah masing-masing. 

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yos Sudrajat mengatakan saat laporan saat Apel Siaga kepada Plt Bupati Bogor, dengan mengatakan peserta apel terdiri dari 16 komponen yang semua nya berhubungan dengan penanganan bencana seperti Kodim, Polres, Dinsosnakertrans, Dinkes, Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman, RSUD, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Diskominfo, ESDM,Satpol-PP, DKP, PDAM, PMI, Pramuka serta BPBD. 

Dalam kegiatan ini dilaporkan bahwa BPBD Kabupaten Bogor telah memiliki peralatan peringatan Bencana banjir dan longsor di beberapa Kecamatan. Selepas apel, Plt Bupati Bogor di damping Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, Kapolres Bogor, AKBP Sonny Mulvianto dan juga kepala BPBD Kabupaten Bogor berkesempatan meninjau kesiapan peralatan untuk penanganan kedaruratan bencana. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.