header_ads

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008

SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008
 BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KABUPATEN BOGOR MERAIH SERTIFIKAT SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 LINGKUP PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD)  

Tantangan global yang dihadapi dunia baik sektor pemerintah maupun swasta, mau tidak mau menuntut semua pihak untuk mempersiapkan diri agar mampu survive dalam menghadapi kondisi tersebut. Peningkatan mutu produk dan jasa yang ditawarkan pun menjadi isu utama. 

Untuk mencapainya tiada pilihan lain kecuali melakukan standarisasi manajemen organisasi khususnya standarisasi dalam sistem manajemen mutu. Untuk itu, suatu lembaga baik pemerintah maupun swasta perlu menyiapkan kerangka sistem manajemen mutu lembaganya ke arah yang diinginkan sesuai dengan apa yang diharapkan dari pelanggan atau mitra kerja lembaga tersebut. 

Bagi lembaga pemerintah, Undang-Undang RI Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2010 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik pun telah mengamanatkan perlunya upaya pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Diperlukan suatu sistem pengelolaan yang apabila diterapkan, secara bertahap dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik yang dicirikan dengan sistem birokrasi yang sederhana, inovatif dan sepenuhnya berorientasi pada pelayanan publik sesuai standar nasional maupun internasional.  Sistem inilah yang pada akhirnya diharapkan akan menciptakan clean government and good governance.

Selain itu, tata kelola pemerintahan yang baik dicirikan pula dengan adanya komitmen stakeholder, adanya code of corporate governance (pedoman kerja yang transparan), code of conduct (standard etika), dan jaminan akuntabilitas terhadap publik. Sehingga perangkat tersebut dapat sebagai jaminan tersedianya layanan publik yang berkualitas. 

Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik tersebut, instansi pemerintah dituntut untuk mempunyai performance, konsistensi dan komitmen sesuai Standar Mutu Internasional dalam pelayanan publik. Untuk memenuhi tuntutan tersebut diperlukan suatu Sistem Manajemen Mutu yang berstandar internasional yang berorientasi proses dan “customer focus” yang disebut Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.
 Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Sistem Manajemen Mutu atau disingkat SMM ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi. 

SMM ISO 9001:2008, merupakan standard sistem manajemen mutu yang bersifat generik, artinya dapat diterapkan oleh berbagai bentuk, tipe dan ukuran organisasi, termasuk organisasi pemerintah yang memiliki produk layanan untuk publik.  

Sejalan dengan hal tersebut, Bappeda Kabupaten Bogor sebagai salah satu instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik secara bertahap berupaya untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu 9001:2008 pada lingkup Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bogor.  Kepala Bappeda Dr. Ir. Syarifah Sofiah, M.Si menjelaskan bahwa  terkait dengan visi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia maka Bappeda telah melakukan sebuah terobosan yang mendukung pencapaian visi besar tersebut dengan menerapkan suatu sistem yang menjamin adanya pedoman kerja yang transparan, standard etika, dan akuntabilitas terhadap publik. 

Melalui proses yang sangat ketat dimulai dengan tahap persiapan sistem internal dan penilaian audit penerapan SMM ISO 9001:2008, pada akhirnya, dengan ucapan syukur Alhamdulillah, pada tanggal 12 Desember 2014 Bappeda Kabupaten Bogor berhasil memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Lingkup Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bogor merupakan salah satu produk perencanaan utama.  Tersusunnya dokumen RKPD yang ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah menjadi salah satu indikator kinerja kunci yang harus dicapai Bappeda. RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan periode 1 (satu) tahun atau disebut dengan rencana pembangunan tahunan daerah.  Walaupun menjadi indikator kinerja kunci Bappeda, proses penyusunannya tidak hanya dilakukan oleh Bappeda tapi juga melibatkan seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 di Bappeda dipastikan akan banyak menguntungkan  bagi para stakeholders, khususnya SKPD yang menjadi pengguna jasa layanan Bappeda.  Sistem ini dapat meningkatkan produktivitas kerja organisasi, menjamin konsistensi mutu produk/layanannya dan berlangsungnya proses perbaikan secara terus-menerus (continuous improvement) walaupun tuntutan pelanggan selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan lingkungannya. Bagi kalangan internal, manfaat yang diperoleh adalah meningkatnya kepuasan pegawai dalam bekerja dan tumbuhnya proses pembelajaran bagi keberhasilan dalam bekerja.

Kepala Bappeda Kabupaten Bogor secara pribadi menegaskan komitmennya untuk menerapkan SMM ISO 9001:2008 sehingga produk perencanaan yang disusun oleh Bappeda semakin berkualitas.  Kepala Bappeda juga meminta kepada seluruh pegawai untuk bersama-sama memegang komitmen ini dengan memberikan kontribusi sebesar-besarnya demi suksesnya penerapan SMM ISO 9001:2008 di Bappeda khususnya dalam lingkup Penyusunan RKPD. 

Menurutnya penerapan SMM ISO 9001:2008 akan membawa Bappeda pada pencapaian visi yang tertuang dalam Renstra Bappeda Tahun 2013-2018, yaitu “Terwujudnya Perencanaan Pembangunan yang Berkualitas untuk Mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia“.

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 ini bukanlah tujuan akhir tetapi justru menjadi langkah awal Bappeda Kabupaten Bogor untuk menjamin konsistensi mutu pelayanannya dan perbaikan secara terus-menerus (continuous improvement).  

Semoga dengan rahmat Allah SWT, melalui Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 ini, Bappeda Kabupaten Bogor dapat menjadi unit kerja terdepan yang mempunyai performance, konsistensi dan komitmen sesuai Standar Mutu Internasional dalam pelayanan publik sehingga dapat menjadikan Bappeda sebagai instansi terbaik dalam pelaksanaan kinerjanya. (adv)
 .
 Foto cover: Kepala Bappeda Kabupaten Bogor Dr Ir Syarifah Sofiah M.Si


1/12/2014
30/12/2014

Diberdayakan oleh Blogger.