header_ads

Linguaphone.id

Kinerja Disnakkan Kabupaten Bogor

PUBLIKASI KINERJA
DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN 
KABUPATEN BOGOR 
Tahun 2014
.
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi di bidang peternakan dan perikanan terutama dalam mewujudkan Misi Kedua dari Pemerintah Kabupaten Bogor, yaitu Meningkatkan Daya Saing Perekonomian Masyarakat dan Pengembangan Usaha Berbasis Alam dan Pariwisata. 



Secara umum pembangunan peternakan dan perikanan diarahkan untuk mendukung 2 (dua) Prioritas Utama Pembangunan yaitu (1) Peningkatan daya beli masyarakat dan (2) Ketahanan Pangan. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya memiliki Fokus dan Arah Kebijakan sebagai berikut :

1. Peningkatan produksi, produktivitas dan nilai tambah produk peternakan dan perikanan.
Sesuai dengan salah satu misinya yaitu Menjaga Ketersedian Bahan Pangan Asal Ternak dan Ikan Secara Berkesinambungan, Program dan Kegiatan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor utamanya diarahkan untuk meningkatkan produksi daging, telur, susu dan ikan konsumsi. Produk hasil ternak tersebut tidak hanya sebatas bahan baku tetapi juga diupayakan memperoleh sentuhan pasca panen sehingga memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha peternakan dan perikanan.

2. Peningkatan Daya Saing dan Penguatan Sentra Komoditas Unggulan.
Untuk mengembangkan komoditas ternak dan ikan yang potensial menjadi unggulan Kabupaten Bogor,  Dinas Peternakan dan Perikanan mengembangkan beberapa komoditas ternak dan ikan yang menjadi unggulan di beberapa wilayah (lihat tabel). Produk mentah maupun olahan di wilayah pengembangan komoditas unggulan tidak saja dipacu untuk peningkatan kuantitas produksinya tetapi juga dari sisi kualitasnya. Diharapkan dengan produksi yang tinggi dengan kualitas yang baik, produk peternakan dan perikanan Kabupaten Bogor dapat bersaing di tingkat regional maupun nasional.


3. Penguatan Sistem Agribisnis dan Minabisnis serta Penerapan Hasil Inovasi Teknologi Tepat Guna. 
Pengembangan peternakan dan perikanan di Kabupaten Bogor diarahkan kepada suatu sistem usaha terpadu hulu-hilir dengan sentuhan teknologi tepat guna. Sistem ini mulai dirintis di Kawasan Usaha Sapi Perah di Cisarua dan Kawasan Minapolitan Ciseeng. Untuk pengembangannya di seluruh wilayah Kabupaten Bogor di masa yang akan datang harus melibatkan semua stakeholder terkait, dan sebagai panduan bagi para peternak/pembudidaya ikan dan investor dalam pengembangan usaha peternakan dan perikanan di Kabupaten Bogor telah disusun zonasi pengembangan yang didasarkan pada RTRW, kondisi geografis dan agriklimat. 

Untuk mewujudkan target kinerja yang telah ditetapkan maka Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor pada Tahun 2014 ini meluncurkan 10 (sepuluh) Program Kerja yang dijabarkan ke dalam 78 Kegiatan. 


Program dan Kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat diantaranya adalah:

1.    Program Peningkatan Produksi Hasil Peternakan 
  • Pemberdayaan Rumah Tangga Sangat Miskin di Lokasi PKH;
  • Pengembangan Ternak Kecil;
  • Pengembangan Ternak Besar;
  • Pengembangan Ternak Unggas;
  • Pengembangan Kawasan Sapi Potong;
  • Pengawasan Mutu Pakan dan Mutu Bibit Ternak.
2.    Program Pengembangan Budidaya Perikanan 
  • Pengembangan Bibit Ikan Unggul;
  • Pembinaan dan Pengembangan Perikanan;
  • Pemberdayaan Rumah Tangga Sangat Miskin di Lokasi PKH;
  • Fasilitasi Penyebaran Benih Ikan di Perairan Umum;
  • Pembangunan/Rehabilitasi Sarana Prasarana Fisik Pengembangan Kawasan Budidaya Air Tawar;
  • Pengembangan Sarana dan Prasarana Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan.
3.    Program Pencegahan dan Penanggulangan penyakit Ternak dan Ikan 
  • Pemeliharaan Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Menular melalui vaksinasi rabies, anthrax, brucellosis, SE, AI dan Aeromonas;
  • Pengawasan dan Pemeriksaan Pangan Asal Hewan dan Hasil Pangan Asal Hewan;
  • Sosialisasi Keamanan Pangan;
  • Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ikan;
  • Pengelolaan Kesehatan Lingkungan Perairan.
4.    Program Peningkatan Pemasaran Hasil Produksi Peternakan dan Perikanan 
  • Pengawasan dan Pelayanan Usaha Peternakan dan Perikanan;
  • Promosi Atas Hasil Produksi Peternakan dan Perikanan Unggulan Daerah;
  • Temu Usaha Peternakan dan Perikanan;
  • Pengembangan Usaha Peternakan dan Perikanan.
Sebagian besar kegiatan tersebut berupa bantuan ternak, ikan dan sarana prasarana budidaya/pascapanen, pemeliharaan kesehatan hewan/ikan dan pelayanan usaha. Bagi masyarakat yang ingin mengakses bantuan ternak/ikan dapat menempuh mekanisme berikut:

Mekanisme Pengajuan Bantuan Ternak dan Ikan 

A.    Persyaratan Umum : 
  1. Bantuan hanya diberikan kepada kelompok atau yayasan, bukan perseorangan;
  2. Jenis ternak/ikan bantuan yang diajukan disesuaikan dengan potensi wilayah/zonasi pengembangan ternak dan ikan yang ditetapkan dalam Rencana Strategis Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor.
B.  Persyaratan Teknis :
Syarat Kelompok : 
  1. Kelompok haruslah kelompok tani ternak/pembudidaya ikan;
  2. Kelompok berdomisili di wilayah Kabupaten Bogor (memiliki sekretariat);
  3. Kelompok harus sudah dikukuhkan, minimal oleh Kepala Desa setempat;
  4. Kelompok memiliki anggota petani ternak/pembudidaya ikan minimal 10 orang.
Syarat Yayasan : 
  1. Yayasan berdomisili di wilayah Kabupaten Bogor (memiliki sekretariat);
  2. Yayasan adalah legal, yang dibuktikan dengan adanya akte notaris yang dilampirkan di proposal.
Syarat Peternak atau Pembudidaya Ikan Anggota Kelompok : 
  1. Anggota kelompok adalah warga Kabupaten Bogor dibuktikan dengan adanya KTP dan/atau kartu keluarga;
  2. Anggota kelompok benar-benar berprofesi sebagai petani ternak/pembudidaya ikan;
  3. Anggota kelompok tergabung dalam kelompok yang mengajukan proposal;
  4. Anggota kelompok memiliki pengalaman memelihara ternak/ikan sesuai komoditas ternak/ikan yang diajukan;
  5. Anggota kelompok memiliki fasilitas yang memungkinkan untuk memelihara ternak/ikan dengan baik seperti lahan kandang dan hijauan makanan ternak (untuk peternakan) atau lahan kolam (untuk perikanan);
  6. Anggota kelompok bersedia memelihara ternak/ikan bantuan secara optimal dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas yang berwenang dibuktikan dengan surat pernyataan.
Bantuan yang bisa diusulkan oleh masyarakat tidak hanya sebatas bantuan ternak dan ikan tetapi bisa juga berupa peralatan penanganan dan pengolahan pasca panen yang mekanisme pengusulannya secara umum sama dengan pengajuan bantuan ternak/ikan (lihat skema).


Ketersediaan Bahan Pangan 

Ketersediaan bahan pangan asal ternak di Kabupaten Bogor salah satunya dapat dilihat dari jumlah populasi ternak. Estimasi populasi ternak di Kabupaten Bogor di akhir Tahun 2014 adalah sebagai berikut:



Sedangkan ketersediaan bahan pangan asal ikan salah satunya dapat didekati dari capaian produksi perikanan per jenis budidaya. Estimasi capaian produksi perikanan di akhir Tahun 2014 ditinjau dari jenis usaha adalah sebagai berikut:


Keberhasilan Program/Kegiatan yang telah dilaksanakan dapat dinilai melalui capaian target kinerja yang telah ditetapkan.  Estimasi realisasi kinerja Dinas Peternakan dan Perikanan Tahun 2014 dapat dilihat pada tabel berikut:


Berdasarkan capaian yang diraih, secara umum dapat disimpulkan bahwa program/kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan harapan dan target yang ingin dicapai. Di lingkup pemerintahan Kabupaten Bogor, keberhasilan pembangunan peternakan dan perikanan ini bukanlah keberhasilan Dinas Peternakan dan Perikanan semata tetapi merupakan keberhasilan bersama yang mana pembangunan peternakan dan perikanan di Kabupaten Bogor juga melibatkan  instansi lintas sektoral diantaranya Dinas Pertanian dan Kehutanan, BP4K, Dinas Binamarga dan Pengairan, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan dan sebagainya. 


Tidak lupa pula apresiasi sebesar-besarnya kepada institusi pendidikan, lembaga penelitian, pihak swasta dan LSM/NGO yang selama ini bahu membahu dalam mengupayakan peningkatan kesejahteraan bagi para peternak dan pembudidaya ikan di Kabupaten Bogor. Untuk ke depannya dukungan dan kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan demi suksesnya pembangunan peternakan dan perikanan di Kabupaten Bogor. (adv)

 
 .



 1/12/2014
30/12/2014
 .



Diberdayakan oleh Blogger.