header_ads

Laundry Cemari Lingkungan

BERITA BOGOR - Terbukti membuang Limbah Sembarangan, Perusahaan Laundry Ancam Rusak Syaraf Warga Singkup. 

Warga Kampung Singkup, RT 03/RW 04, Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup terancam terserang berbagai penyakit akibat kerusakan syaraf pada jaringan tubuh. Hal ini diakibatkan pencemaran yang dilakukan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang laundry yang membuang limbah secara sembarangan ke pembuangan air yang melewati perkampungan.

Pasalnya, limbah buangan yang dihasilkan perusahaan tersebut diduga mengandung Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang secara medis bisa mengakibatkan kerusakan pada susunan syaraf manusia mulai dari sistem pencernaan, kerusakan sistem kardio vasculer, kerusakan sistem pernafasan, kerusakan pada kulit, hingga yang terparah adalah, kematian.

Saat ditelusuri, perusahaan yang baru berjalan selama lima bulan itu, belum mengantungi legalitas hasil kajian Analisis Dampak Lingkungan (Andal) dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor.

Earga setempat, Jajang (40), mengatakan pembuangan limbah tersebut sudah dilakukan perusahaan sejak pertama kali berdiri. Akibat limbah itu, air pada saluran pembuangan warga juga berubah warna menjadi hitam pekat disertai buihan yang diduga merupakan hasil zat kimia yang digunakan. (pakar) Editor: Imam Bhakti Pratama


Diberdayakan oleh Blogger.