header_ads

KPK Sosialisasi Laporan Hasil Kekayaan Pejabat

BERITA BOGOR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mensosialisasikan Wajib LHKPN bagi pejabat Kabupaten Bogor. 

Spesialis Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wahyudi menjelaskan, LHKPN merupakan sebuah urusan wajib bagi pejabat penyelenggara Negara. Oleh karenanya KPK senantiasa mensosialisasikan pelaporan LHKPN kepada para penyelenggara termasuk jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Sosialisasi LHKPN disampaikan Wahyudi kepada sejumlah pejabat Eselon II dan III di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (15/12/2014).

Menurutnya, sesuai data yang kami dapat, rata-rata pejabat Pemkab sudah melaporkan LHKPN dua sampai tiga kali. Saya meminta kepada Sekretaris Daerah untuk terus mengingatkan jajarannya agar meningkatkan kepatuhan LHKPN, kami juga siap membantu secara teknis pengisian LHKPN.

Sementara, Plt.Bupati Bogor, Nurhayanti memaparkan, sosialisasi ini adalah upaya strategis untuk mendekatkan para pejabat Pemkab Bogor dengan berbagai ketentuan perundang-undangan yang mendasari kewajiban LHKPN dan SPT tahunan PPH orang pribadi. Sehingga mendekatkan pemenuhannya sebagai kewajiban yang menyertai pelaksanaan tugas sebagai penyelenggara Negara.

Dirinya berharap, semoga kegiatan ini berhasil mencapai tujuan dalam meningkatkan kepatuhan para pejabat eselon II dan III di lingkungan pemerintah Kabupaten Bogor terhadap kewajiban LHKPN dan SPT tahunan PPH orang pribadi. Karena melaporkan harta kekayaan pada dasarnya merupakan bagian dari upaya untuk membangun system birokrasi yang bersih dan kuat.

Selain sosialisasi mengenai LHKPN, para pejabat juga diberikan bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-Filing. Yakni aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan SPT tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal pajak (www.pajak.go.id) atau perusahaan penyedia jasa aplikasi atau Application Service Provider (ASP). Bintek aplikasi e-Filing diberikan oleh KPP Pratama Cibinong. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.