header_ads

Kabupaten Bogor Juara Umum KIP Jabar

BERITA BOGOR - Tahun sebelumnya, Kabupaten Bogor juga meraih predikat juara umum di bidang KIP. 

Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab) kembali meraih penghargaan sebagai juara umum implementasi keterbukaan informasi publik (KIP) se-Jawa Barat. Penghargaan diberikan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat diserahkan wakil Gubernur Dedy Mizwar di Aula Barat Gedung Sate, Bandung (22/12/2014). 

Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar mengatakan, informasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat dewasa ini. Karena itu hak kebutuhan informasi menjadi salah satu hak asasi manusia yang harus dipenuhi. Maka kegiatan ini merupakan momentum penting dalam mendorong ketebukaan informasi pemerintah dan mendorong peran masyarakat dalam KIP.

Sementara Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Dan Satriana menjelaskan, kota dan kabupaten harus memiliki catatan apa kekurangan dan kelebihannya dalam menjalankan implementasi KIP. Kami secara bertahap tiap tahunnya melihat peningkatan penerapan KIP di 26 Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat, semuanya sudah melakukan perkembangan yang luar biasa.

“Kami sengaja menitikberatkan sosialisasi kepada pemerintah kabupaten kota, karena di era otonomi ini, merupakan era kewenangan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik yang harus dibarengi dengan transparansi. Namun jalan masih panjang, capaian tujuan dari KIP masih jauh dari sempurna, semuanya membutuhkan perubahan kultur birokrasi yang rumit menjadi terbuka dan akuntabel,” tandasnya.

Terkait ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor, Wawan Munawar Sidik mengatakan, penghargaan ini menjadi pemacu kami selaku pelayan masyarakat untuk lebih meningkatkan kinerja, terutama dalam melaksanakan implementasi keterbukaan informasi publik. Kami sadar betul kebutuhan informasi menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini, maka kami terus bergerak dan berbenah dalam pelayanan kebutuhan informasi publik.

Kabupaten Bogor meraih penghargaan terbaik pertama kategori penyusunan standar pelayanan kebutuhan informasi publik terlengkap. Terbaik pertama pemenuhan kewajiban pengumuman informasi publik terlengkap. Dan terbaik ketiga pemenuhan kewajiban pembentukan PPID terlengkap. Sehingga dari beberapa penghargaan tersebut, Pemkab Bogor meraih juara umum dalam implementasi KIP se-Jawa barat. (ice) Editor: MICHELLE


Diberdayakan oleh Blogger.