header_ads

Peran UPT BLK DisNakerTrans Kabupaten Bogor

Peran UPT BLK Kabupaten Bogor guna meningkatkan daya saing tenaga kerja di wilayah Kabupaten Bogor.
 .
Pemerintah Kabupaten Bogor saat ini tetap fokus mewujudkan visi dan misi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor 2013-2018. Berbagai program untuk mewujudkan Kabupaten Bogor termaju di Indonesia terus dilaksanakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Salah satunya adalah upaya mewujudkan penciri ke enam yang berkaitan dengan akselerasi penurunan tingkat kemiskinan sebesar 2,48 persen sampai dengan tahun 2018 melalui proses peningkatan kualitas sumber daya manusia, mengingat pentingnya kualitas sumber daya manusia menjadi sangat diperlukan pada masa sekarang dalam menghadapi persaingan antar tenaga kerja secara global yang semakin ketat. 


Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Bogor, H. Nuradi mengatakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bogor yang ada merupakan lembaga pelatihan milik Pemerintah dalam menghadapi tantangan saat ini dan kedepan adalah dengan meningkatkan daya saing tenaga kerja Kabupaten Bogor melalui pelatihan - pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi keahlian.

Menurutnya, BLK sebagai salah satu lembaga pelatihan kerja Pemerintah yang bernaung dibawah Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bogor mempunyai peranan penting dan strategis dalam upaya menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompetensi sesuai dengan kebutuhan pembangunan serta pasar kerja, disamping BLK sebagai UPT yang memiliki  fungsi ganda. 


"Pertama sebagai Unit Pelaksana Pelatihan bagi pencari kerja, dan kedua sebagai Unit Percontohan Pelatihan  bagi lembaga pelatihan lain, sebut saja baik pemerintah, swasta maupun perusahaan. Peranan pelatihan kerja sebagai jembatan kebutuhan pasar kerja disatu pihak dengan kemampuan angkatan kerja dan dipihak lain membutuhkan pengelolaan BLK yang efektif dan efisien," jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut H. Nuradi, dukungan peralatan untuk pelatihan dan instruktur – instruktur senior yang berpengalaman serta bersertifikasi assesor, menjadikan UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Bogor akan sangat membantu sebagai jembatan dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai macam pelatihan yang di adakan sebagai tujuan akhir dari lembaga pemerintah ini dalam mempersiapkan tenaga kerja yang profesional dan berkualitas.


"Permintaan calon tenaga kerja lulusan UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Bogor dari berbagai perusahaan cukup banyak yang sesuai dengan persyaratan kerja yang dibutuhkan dan disini BLK Kabupaten Bogor telah mampu meluluskan para peserta pelatihan yang sesuai dengan standart perusahaan tersebut," urainya.

Dirinya berharap dengan adanya UPT BLK dapat dimanfaatkan oleh pencari kerja dari masyarakat Kabupaten Bogor untuk mendapatkan pelatihan keterampilan agar dapat bersaing di pasar kerja. "Kita ketahui bahwa 31 Desember 2015 MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) akan dilaksanakan, yang akan berdampak terhadap para pencari kerja kita di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bogor apabila tidak memiliki keterampilan maka kita tidak dapat bersaing di pasar kerja. Untuk itu kami harapkan masyarakat pencari kerja di Kabupaten Bogor lebih memanfaatkan lagi BLK ini agar bisa bersaing di pasar kerja," harapnya.

Pada tahun 2014 ini, tambah H. Nuradi, berbagai pelatihan yang telah dilaksanakan dengan dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor, diantaranya pelatihan keterampilan bagi pencarikerja di bidang las, otomotif, komputer, menjahit, tata boga, teknik pendingin dan elektronika dengan total peserta sebanyak 560 orang. Selain itu, penambahan peralatan pelatihan juga dilakukan sebagai upaya dalam melakukan upgrading di masing-masing bidang kejuruan.

H. Nuradi juga membeberkan nama - nama perusahaan yang telah menyerap lulusan dari BLK tahun 2013 dengan total peserta keseluruhan 540 orang, yakni PT. Dinamika Bekasi, PT. Anwar Sierad Bogor, RS. Citra Insani Bogor, RM. Ampera Bogor, Hotel Jakarta, PT. Equiti Tower Jakarta, Perkantoran Apartemen Jakarta, Hotel Cisarua, Holand Amerika Line ( Kapal Pesiar ), Carefour, Indomart, PT. Nandya Perkasa, PT. Indocement Cibinong, PT. Aski, PT. Wika, PT. Restu Ibu, PT. Antam, PT. Delima Jaya, PT. Bostinco, PT. Sentosa, PT. Injakayu, PT. Astra Otopart,PT. Yunitex, PT. Olympic, PT. Spotec, Mall Ekalokasari, Yoya Dept. Store, Botani Square, PT. Gala Utama Expres,  Robinson Dept. Store, Ramayana Dept. Srore, PT. Ligna, Toshiba, PT. Iwon Aparel, PT. Sung Bojong Reong, PT. Sepatu Mas Idaman, PT. Busana Indonesia, Alfamart, Herry Teknik,Auto 200, Awung Jaya, Nusantara Motor, CV. Citra Lestari, Aquarius Sari Asih, PT. Sahabat Unggul.


Sementara, Kepala UPT-BLK, Timbul, Aks mengatakan bahwa BLK Kab. Bogor sudah melakukan kerjasama dengan banyak perusahaan di Kabupaten Bogor yang bersedia menyerap tenaga kerja dari lulusan BLK sehingga proses penempatan kerja akan lebih mudah dan cepat. Selain itu dengan pengelolaan yang optimal, serta adanya dukungan baik dari Pemerintah dan masyarakat maka BLK akan sangat membantu dalam menekan tingkat pengangguran di Kabupaten Bogor yang masih menyentuh angka 8,62 persen di akhir tahun 2013. (adv)

1/12/2014
30/12/2014
.

Diberdayakan oleh Blogger.