Ads

Warga Cijeruk Keracunan Buah Sawo

Keracunan Sawo, 6 Warga Dirawat 1 Warga Tewas

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Musibah keracunan yang diduga lantaran memakan buah sawo menimpa tujuh orang warga di Kampung Belakang RT 01/07, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Senin (03/07/2017). 

Satu warga bernama Siti Nursiyah (11) meninggal dunia sedangkan enam lainnya hingga saat ini masih menjalani perawatan di Puskesmas Cigombong dan Rumah Sakit (RS) Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi.

Najid (67) orang tua korban menuturkan, kejadian bermula saat ketiga anaknya yakni Resdi (13), Muhtarul (11) dan Nurmansyah (14) pergi berekreasi ke Pelabuhan Ratu menghabiskan masa liburan lebaran. Saat pulang kerumah, ketiga anaknya itu membawa 2 kilogram buah sawo lalu dimakan oleh mereka sekeluarga.

"Kalau penyebabnya saya belum tahu pasti, tapi memang kami sekeluarga memakan buah sawo oleh-oleh dari Pelabuhan Ratu. Anehnya, saya sendiri memakannya tapi tidak mengalami keracunan," ungkapnya saat ditemui di Puskesmas Cigombong, Rabu (05/07/2017).

Tak lama setelah memakan buah itu, tambah dia, kelima anak dan dua orang cucunya mengalami, pusing, mual-mual dan muntah. Bahkan, satu orang anaknya (Siti Nursiyah,red) meninggal dunia pada malam itu.

"Gejala itu terjadi sekitar pukul 20:15 WIB, sedangkan Siti Nursiyah meninggal dunia pada pukul 22:00 WIB sebelum dirawat. Lalu, para korban dilarikan ke Puskesmas Cigombong. Satu orang anak saya dirujuk ke RS Sekarwangi," jelasnya.

Hingga saat ini, sambung Najid, kelima anak dan cucunya masih menjalani perawatan di Puskesmas dan kondisinya sudah semakin membaik, sedangkan satu orang lagi dirujuk ke RS Sekarwangi lantaran kondisinya makin memburuk.

Kabid Pencegahan Pengendalian penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Agus Fauzi membenarkan adanya musibah dugaan keracunan yang dialami keluarga Najid. Meski begitu, hingga saat ini apa yang menjadi faktor terjadinya hal tersebut masih dalam penelitian.

"Pihak dokter masih menelusuri penyebab keracunan yang menimpa tujuh orang yang masih ada hubungan saudara tersebut. Sebab, dari keterangan korban, mereka tidak makan makanan yang Sama," tandasnya. (rif) 

Diberdayakan oleh Blogger.