Ads

DPKPP Gelar Sosialisasi PISEW

Sosialisasi Rakor Awal PISEW Tingkat Kabupaten Bogor 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor menggelar sosialisasi Program Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) di ruang rapat Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Jum'at (07/07/2017) 

Dalam kegiatan ini, materi sosialisasi disampaikan oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai Mekanisme pelaksanaan PISEW 2017 sesuai keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman. 

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Permukiman Firman Supena menyampaikan sosialisasi PISEW ini menghadirkan peserta dari 24 Desa yang ada di wilayah 10 Kecamatan dengan narasumber dari Provinsi Jawa Barat. 

"Pelaksanaan PISEW memerlukan daya dukung sumber daya kewilayahan desa. Namun, yang rencananya dana dari pusat sebesar Rp1,2 miliar ternyata tahun ini berubah menjadi Rp600 juta per desa," katanya. 

Peserta Berasal Dari 24 Desa di Kabupaten Bogor 

Materi sosialisasi yang disampaikan oleh narasumber memaparkan strategi pelaksanaan, tata kelola, kerjasama dan kriteria, mekanisme kegiatan, pengendalian program PISEW 2017. 

Sosialisasi ini memaparkan Kriteria kegiatan berorientasi pada pengembangan wilayah atau merupakan penghubung antar wilayah, Tidak tumpang tindih dengan kegiatan APBD,  Menggunakan teknologi tepat guna,  Mengutamakan penggunaan material atau sumber daya setempat, dan Lahan tersedia, dan tidak untuk pembebasan lahan. 

Peserta juga diberikan paparan tentang jenis infrastruktur meliputi Infrastruktur transportasi, jalan atau jembatan atau tambatan perahu,  Infrastruktur air minum dan sanitasi, dan  Infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri yang dikelola masyarakat. 

Dijelaskan pula, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) harus tercatat di notaris walau tidak perlu di-akta-kan dan BKAD menyusun rencana teknis hingga pengendalian pelaksanaan program. Sedangkan Fasilitator, terdapat 10 fasilitator disetiap kecamatan, dan satu tenaga ahli yang melungkupi wilayah 10 kecamatan. Tahun ini ada 53 kecamatan di Jawa Barat, 10 kecamatan diantaranya di Kabupaten Bogor. (als)
Diberdayakan oleh Blogger.