Ads

Bangunan Rutilahu Diterjang Puting Beliung

Bangunan Rutilahu di Ciadeg Diterjang Puting Beliung 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Masih maraknya bangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kabupaten Bogor, menyisakan cerita pilu. Angin puting beliung yang terjadi di Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong pada Sabtu (01/07/2017) menerjang sebuah rumah milik warga Kampung Gembrong RT01/01 bernama Ukar Suganda (43). 

Meski tidak menelan korban jiwa, namun bangunan rumah yang rapuh alias tidak layak huni milik buruh serabutan itu rusak parah diterjang angin.

" Anginnya sangat kencang Pak. Bangunan rumah saya yang rapuh tidak bisa menahan terpaan angin, sehingga dinding bagian depan roboh," ungkap Ukar saat ditemui dilokasi bencana.

Ia menambahkan, meski tidak ada korban jiwa, namun kejadian tersebut sempat membuat panik keluarganya maupun beberapa warga yang lain. Soal kondisi bangunan rumah, kata dia lagi, memang rawan karena belum selesai pengerjaannya lantaran keterbatasan keuangan sehingga tidak kokoh.

" Atap rumah pun berantakan, kini saya dan keluarga sementara waktu akan mengungsi kerumah warga yang lain," imbuhnya.

Ukar berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor segera memberikan bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak parah itu sehingga bisa secepatnya dihuni kembali.

" Kalau bisa secepatnya ada bantuan untuk perbaikan rumah. Tanpa ada bantuan pemerintah, darimana saya akan melakukan perbaikan karena hanya bekerja sebagai buruh serabutan," pintanya.

Pantauan dilokasi, aparat Kepolisian dari Sektor Cigombong yang dipimpin langsung Kapolsek Cigombong, Kompol Safiudin dibantu warga tengah berupaya melakukan evakuasi warga yang terkena musibah serta membersihkan puing-puing bangunan dilokasi bencana. (rif)

Diberdayakan oleh Blogger.