Ads

SMS GATEWAY Penanganan PMKS Kabupaten Bogor

Publikasi Kinerja 
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah 
Kabupaten Bogor Tahun 2017 


SMS GATEWAY 
SEBAGAI SOLUSI CEPAT PENANGANAN PMKS 
DI KABUPATEN BOGOR

Aplikasi Sistem SMS Gateway 

Pengelolaan dokumentasi dan administrasi Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten Bogor sebagian besar masih dilakukan secara manual.  Sejalan dengan waktu dan tuntutan pelayanan yang semakin maju dan jumlah masyarakat PMKS yang semakin banyak serta penyebarannya hampir menyeluruh di wilayah Kabupaten Bogor yang meliputi 40 Kecamatan, dipandang perlu inovasi sistem dan aplikasi managemen database PMKS, updating data, serta sistem penanganannya. 

Sistem dan aplikasi Managemen Database PMKS tersebut tidak hanya mengolah data administrasi database masyarakat PMKS saja, namun juga berkaitan dengan proses penanganannya yang akan berkaitan erat dengan permasalahan entri data oleh personil terkait.  

Pada Tahun 2016 Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor memprakarsai terbangunannya Aplikasi Sistem SMS Gateway sebagai media komunikasi dan koordinasi dalam penanggulangan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kabupaten Bogor. 

Sistem SMS Gateway adalah sebuah aplikasi yang mengelola data dan informasi terkait dengan kasus / kejadian ruang lingkup PMKS. Data dan informasi disampaikan oleh pelapor melalui SMS kemudian dikelola oleh server sebagai pusat database yang selanjutnya data akan dibroadcast dalam waktu singkat (min 3 detik) kepada bebebrapa pihak yang terkait untuk ditindaklanjuti. 

 Permasalahan Kesejahteraan Sosial 


PMKS adalah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Kabupaten Bogor yang terdiri dari : Anak balita terlantar, Anak terlantar, Anak berhadapan dengan hukum, Anak jalanan, Anak dengan kedisabilitasan, Anak yang memerlukan perlindungan khusus, Lanjut usia terlantar, Penyandang disabilitas, Tuna susila, Gelandangan, Pengemis, Pemulung, Kelompok minoritas, Bekas warga binaan permasyarakatan, Orang dengan HIV / AIDS, Korban penyalahgunaan NAPZA, Korban trafficking, Korban tindak kekerasan, Pekerja migran bermasalah sosial, Korban bencana alam, Korban bencana sosial, Fakir miskin, Perempuan rawan sosial ekonomi, Keluarga bermasalah sosial psikologis, Keluarga berumah tidak layak huni. 

Adapun tujuan Aplikasi Sistem SMS Gateway yaitu : agar seluruh stakeholder yakni Dinas, Instansi, Institusi, Relawan, dan seluruh Aparat dan Perangkat Desa beserta pihak terkait lainnya akan mengerti, memahami dan dapat menyampaikan informasi dan data kasus atau kejadian PMKS dengan mudah, cepat dan akurat, dengan menggunakan aplikasi sms gateway dimaksud. 

Alur Proses Aplikasi SMS Gateway PMKS 



Adapun manfaat dari SMS Gateway : 
  1. Meminimalisir pengelolaan dokumentasi dan administrasi data PMKS yang masih manual,
  2. Mempercepat laporan kejadian,
  3. Mempermudah penyampaian laporan dan koordinasi,
  4. Meningkatkan Akurasi dan Validasi laporan,
  5. Informasi kejadian cepat dan akurat,
  6. Pemberitahuan cepat dan akurat,
  7. Komunikasi dan koordinasi cepat, tepat dan akurat,
  8. Penyimpanan data lebih tertib, rapi, akurat, cepat melalui media elektronik,
  9. Mudah, efektif dan efisien,
  10. Validasi identitas pelapor terdaftar dalam sistem,
  11. Partisipasi meningkat.

Untuk pelapor yang telah terdaftar dapat melaporkan masalah PMKS dengan cara mengetik Kode_Permasalahan_PMKS # Uraian_Permasalahan lalu kirim ke no 08111177433. Ketika pesan sudah terkirim maka secara otomatis dan cepat informasi itu akan direspon oleh sistem dan dibagikan kepada pihak-pihak yang berwenang. 

Kepala 
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah 
Kabupaten Bogor 

 DR.Ir.Hj. Syarifah Sofiah, M.si 
 
 


Diberdayakan oleh Blogger.