Ads

Jaringan Serat Optik Akan Ditata Ulang

Pelaku usaha diminta menata jaringan serat optik 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Persebaran jaringan serat optik sebagai penunjang penyelenggara telekomunikasi perlu dikendalikan agar selaras dengan kaidah tata ruang dan estetika kota untuk menjadikan kota yang bersih, indah, tertib dan juga lestari.

Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor berupaya untuk membenahi infrastruktur jaringan yang ada di wilayah Kota Bogor.

Kepala Dinas Kominfodistandi, Drs Firdaus MSi, pembangunan kabel serat optik udara dan bawah tanah selama ini masih banyak dilakukan oleh masing-masing pelaku usaha telekomunikasi secara tersendiri. Oleh karenanya, guna mengefesiensikan serta efektifitas perlu adanya pengaturan pembangunan saluran serat optik secara bersama.

“Di Kota Bogor itu ada 16 pelaku usaha telekomunikasi (provider-red). Kami berencana melakukan pengembangan Ducting bersama, karena ini merupakan bagian dari Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dalam kerangka perkuatan konektivitas nasional melalui program Nasional Broadband Network,” ujar Firdaus usai melakukan diskusi bersama para pelaku telekomunikasi di Ruang Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Rabu (07/06/2017).

Dilanjutkannya, untuk sasaran utama pengembangan Ducting tersebut, pihaknya akan mengutamakan jalur-jalur disepanjang jalur ring satu seperti, Kebun Raya Bogor, Otista, Jalan Djuanda, Jalan Sudirman, Warung Jambu dan Pajajaran.

“Pengembangan infrastruktur jaringan ini kami akan terus lakukan diskusi bersama para pelaku telekomunikasi dan juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Mudah-mudahan pengembangan ini bisa dilakukan di tahun 2018 mendatang atau paling tidak di tahun 2019 sudah mulai pengeksekusiannya untuk pengurangan kabel jaringan yang masih ada dijalur atas (udara),” pungkasnya. (eyi)


Diberdayakan oleh Blogger.