Ads

Jabar Antisipasi Jalur Mudik Rawan Bencana

Dishub Jabar dan Bina Marga antisipasi diljalur rawan bencana 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Pemeritah Propinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat akan melakukan antisipasi terhadap jalur mudik Lebaran 2017 yang dinilai rawan bencana alam.  

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Dedi Taufik  memastikan pihaknya bekerja sama dengan Dinas PU Bina Marga sudah menyiapkan berbagai armadanya terutama untuk arus mudik di wilayah selatan. 

"Untuk jalur tengah yang disiapkan juga alat berat," katanya pada apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2017 di halaman gedung Sate Bandung. 

Sementara untuk mengantisipasi cuaca yang tidak menentu seperti terjadinya banjir, Dikatakan Dedi, Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas terkait dalam pengadaan pompa air. 

Selain itu himbauan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar ada helikopter di wilayah Cikopo karena wilayah itu sebagai titik untuk memilah arus mudik baik masuk jalur tengah maupun selatan. 

Meski jalan tol sampai Gringsing melewati Pemalang beberapa kilometer sampai ke Semarang tapi antisipasi sudah dimulai di Jawa Barat. "Kita juga siapkan pompa air yang berkoordinasi dengan Dinas PSDA, BPBD dan SAR,"ujarnya. 

Sedangkan untuk rekayasa jalan selama arus mudik Lebaran 2017, Dishub Jabar sudah menyiapkan  fasilitas pranata angkutan jalannya. 

"Jadi apabila dilakukan rekayasa lalu lintas, kita siapkan trafic cone atau barier sehingga apabila dilakukan contra flow pihak Jasa Marga harus memasang dulu,  karena faktor keselamatan yang harus kita kedepankan,"paparnya.

Dedi menambahkan pihaknya memprediksi beberapa lokasi kemacetan pada arus mudik Lebaran 2017. Untuk mencegah terjadinya kemacetan karena kendaraan pemudik mogok, Dishub Jabar pun sudah menyiapkan mobil derek di beberapa lokasi.

"Daerah yang rawan macet itu seperti Nagrek, Gentong, Puncak, Ciloto dan beberapa ruas jalan tol kita siapkan mobil derek. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,"pungkasnya. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.