Ads

Dewan Soroti Proyek TLB Resort Ciawi

Pengawasan terhadap aktifitas TLB Resort dipertanyakan DPRD. 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor soroti dugaan perusakan ekosistem dan fungsi saluran air sungai akibat aktivitas proyek The Leaft Beatique (TLB) Resort Ciawi di Jalan Veteran II Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan menegaskan., bahwa setiap pembangunan harus sesuai dengan IPPT dan Siteplant yang diajukan oleh pemohon. Bilamana dalam pelaksanaanya terjadi penyimpangan, maka dinas terkait harus segera bertindak sebelum kerusakan yang terjadi makin meluas.

"Dalam IPPT dan Siteplant jelas diatur mana saja yang akan dibangun serta mana saja yang tidak boleh. Kalau membuka lahan tanpa mengikuti sesuai gambar, yah harus ditindak," kata Iwan saat dihubungi, Jum'at (02/06/2017). 

Iwan Setiawan juga mempertanyakan pengawasan dari Pemerintah Kabupaten Bogor melalui dinas terkait, sehingga dilapangan bisa terjadi penyimpangan yang menyebabkan rusaknya ekosistem dan fungsi saluran air sungai. 

"Fungsi pengawasan dinas terkait? Kalau sampai ada perusakan atau perubahan fungsi saluran air sungai akibat pembukaan lahan dan pemerataan tanah, yah jelas melanggar," imbuhnya.

Sementara, Pengawas UPT Pengairan wilayah Ciawi Dedi, membenarkan jika lokasi yang saat ini dikerjakan untuk akses pintu masuk TLB Resort Ciawi adalah saluran air sungai. Sebab, selama ini belum ada pemberitahuan apapun dari pihak pengembangan terkait pelaksanaan pemerataan tanah dan pembukaan akses masuk yang merusak Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Belum ada pemberitahuan apapun dari pihak pelaksana, dan memang disitu ada aliran sungai yang ternyata dijadikan pintu masuk menuju lokasi hunian," singkatnya. (rif)

Diberdayakan oleh Blogger.