Ads

Tebar Ikan Dalam Rangka HJB Ke 535

Dinas Perikanan dan Peternakan tebar ikan di Setu Parakan Jaya Kemang, Kabupaten Bogor 

BERITA BOGOR | beritabogor.com - Setu Parakan Jaya Kemang Kabupaten Bogor yang dikenal dengan sebutan Setu Borcess kembali disambangi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor. 

Melalui Bidang Produksi Perikanan melibatkan puluhan pelajar SMA Bogor School Center, sejumlah 120 ribu bibit ikan ditebar (Restocking) di Setu Parakan Jaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor ke-535 yang turut dihadiri Muspika Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Selasa (23/5/2017) 

Kepala Bidang Produksi Perikanan, Deden Sukmaaji mengatakan jenis ikan yang ditebar berupa ikan nila, ikan lalawak, ikan beureum panon, ikan tambakan, dan ikan tawes. Sumber benih ikan dari Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Bogor dan dari Provinsi Jawa Barat. 

Menurutnya, tujuan dari Restocking adalah salah satunya untuk menjaga kelestarian biota di perairan umum (Setu) dan juga untuk meningkatkan gizi masyarakat disekitar Setu tersebut. Termasuk, pemanfaatannya oleh masyarakat diperbolehkan untuk menangkap dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. 

"Para pelajar secara tidak langsung diberikan edukasi Restocking dan Masyarakat sekitar diharapkan menjaga dan merawat benih ikan di Setu, sebab waktu panen ikan tersebut yaitu selama kurang lebih 4 bulan. Selanjutnya, diharapkan masyarakat dapat memanen ikan-ikan yang telah ditebar," pesannya. 

Dalam tahun ini akan pula ditebar 16 setu yang ada diwilayah Kabupaten Bogor, dan yang sudah terealisasi sebanyak 5 setu, terhitung bulan Januari 2017 hingga berita ini dimuat. (red)


Kabid Produksi Perikanan menyerahkan benih ikan secara simbolis kepada Kades Parakan Jaya Kemang 

Diberdayakan oleh Blogger.