Ads

Seminar Nasional KMNU IPB Bersama Menaker RI

Seminar Nasional sekaligus memperingati Satu Dekade KMNU IPB 

BERITA BOGOR | beritabogor.com Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU IPB) menggelar Seminar Nasional Membangun Indonesia bertema “Membangun Ekonomi Nasional  Melalui Tenaga Kerja Lokal yang Kompetitif  dan Berkarakter". 

Kegiatan seminar nasional yang dihadiri sekitar 300 mahasiswa IPB di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution Kampus IPB Darmaga, Bogor, berlangsung sukses, Kamis (25/5/2017). 

Menteri Ketenagakerjaan RI, Hanif Dhakiri menyampaikan kekhawatiran akan meningkatnya gairah keislaman tanpa diimbangi ilmu yang bersambung kepada ulama. Selain itu, beliau menggambarkan keadaan ketenagakerjaan di Indonesia. 


"Permasalahan ketenagakerjaan saat ini yaitu Supply-Demand tenaga kerja yang tidak berimbang dan kecocokan pendidikan dengan pekerjaan rendah. Data dari lulusan yang nyambung antara pendidikan dan pekerjaan hanya 37%", jelas  Menteri Ketenagakerjaan RI. 

Dilokasi yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Yonny Koesmaryono menyebut ini kesempatan yang luar biasa dari KMNU IPB yang bisa mengadakan Seminar Nasional. "Acara ini menegaskan bahwa KMNU IPB komitmen mempertahankan NKRI," paparnya. 


Dalam kesempatan ini, Ketua KMNU IPB mengatakan, sepuluh tahun silam para pendiri KMNU IPB meletakan visi dasar untuk menjadikan KMNU IPB sebagai organisasi yang mampu menjadi pusat kajian keagamaan yang berlandaskan Aswaja dan membentuk nilai - nilai kepemimpinan yang berlandaskan kekeluargaan. 

"Mari kita ambil api sejarah agar kita cinta terhadap bangsa dan tanah air, kita minum air Indonesia dan menjadi darah kita, kita memakan beras Indonesia dan menjadi daging kita, kita menghirup udara di Indonesia dan menjadi nafas kita, kita sujud di bumi Indonesia dan menjadi sajadah kita, kita juga mati di bumi Indonesia dan kita dipeluk oleh bumi Indonesia, dan jika kita hancur bersama tanah, maka kita menyatu dengan bumi Indonesia", demikian kutipan puisi dari KH Zawawi Imron. 

Sementara, Ketua Pelaksana Seminar Nasional Membangun Indonesia KMNU IPB, M Ainun Naim mengatakan, Seminar Nasional yang sekaligus memperingati Satu Dekade KMNU IPB. 

Dirinya menjelaskan, seminar nasional terdiri atas tiga sesi materi dalam acara Seminar Nasional Membangun Indonesia ini. Sesi ke-1, yaitu orasi budaya oleh KH Zawawi Imron. 

Untuk Sesi ke-2, lanjut M. Ainun Naim, diskusi panel bersama Ifan Haryanto (Bendahara ISNU Pusat) dan Aji Hermawan (Plt, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan SB IPB) yang dimoderatori oleh Burhanuddin (Dosen AGB IPB). 

Sesi ke-3, yaitu penyampaian Key Note Speaker oleh M Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. "Seminar ini dapat menambah wawasan kepada civitas akademi IPB dan masyarakat sekitar tentang ketenagakerjaan dan peluang-peluang bagi bangsa Indonesia dalam lingkup nasional maupun internasional", katanya. 

Aji Hermawan menyampaikan materi dengan tema "Menilik Minimnya Tenaga Kerja Ahli Indonesia yang Mengabdi kepada Ibu Pertiwi”, sedangkan Ifan Haryanto dengan tema "Prospek Pertumbuhan Ekonomi, Peluang dan Tantangan SDM Lokal dan Persaingan Global". Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba essay. Seminar ini didukung oleh PCNU Kota Bogor dan KMNU Nasional. (rilis)

Diberdayakan oleh Blogger.