Ads

Kinerja Dinas Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Bogor

Publikasi Kinerja Tahun 2017 



Berdasarkan Peraturan Bupati Bogor Nomor 46 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga. Maka Dinas Pemuda dan Olahraga mengalami perubahan SOTK menjadi :
1. Bidang Layanan Kepemudaan, terdiri dari Seksi :
1.1. Pemberdayaan Pemuda
1.2. Pengembangan Pemuda
1.3. Infrastruktur dan Kemitraan Pemuda

2. Bidang Pembudayaan Olahraga, terdiri dari Seksi :
2.1. Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga
2.2. Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus
2.3. Kemitraan dan Penghargaan Olahraga

3. Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, terdiri dari Seksi :
3.1. Pembibitan, IPTEK dan Tenaga Keolahragaan
3.2. Promosi Olahraga dan Olahraga Prestasi
3.3. Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga

Tahun 2017 Bidang Layanan Kepemudaan terdapat 2 (dua) Program, yaitu Program Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Pemuda, dengan jumlah kegiatan sebanyak 19 (Sembilan belas) kegiatan.

Kegiatan yang telah dilaksanakan Bidang Layanan Kepemudaan pada semester 1 Tahun 2017 yaitu :
1. Pengembangan dan Peningkatan Kapasitas Kepemudaan di Kabupaten Bogor.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 31 Januari 2017 bertempat di Hotel Rizen Premiere Jl. Raya Puncak KM. 77 dengan peserta sebanyak 50 orang terdiri dari unsur Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Bogor.


2. Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda (Kecamatan Leuwisadeng).
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 23 Februari 2017 dengan lokasi kegiatan tersebar pada 4 (empat) lokasi yaitu :Kecamatan Leuwisadeng diKantor Desa Leuwisadeng, Kantor Desa Sibanteng, Kantor Desa Wangun Jaya dan SDIT Khoiru Ummah, dengan peserta sebanyak 200 orang.


3. Kegiatan Pelatihan dan Pembentukan PASKIBRAKA dan Pasukan 45 Kabupaten Bogor.
Kegiatan diawali dengan Seleksi Wilayah yang terbagi kedalam 8 wilayah, dengan peserta sebanyak 2.875 orang. Dari seleksi tersebut, tersaring sebanyak 246 orang untuk mengikuti Seleksi tingkat Kabupaten  yang dilaksanakan pada 27-28 Februari 2017 di Stadion Pakansari. Yang akan dipilih sebanyak 56 orang. Dan dilakukan Pembentukan Sikap pada tanggal 3,4,5 Maret 2017 bertempat di Badan Nasional Pasukan Perdamaian (BNPP-RI) Sentul – Bogor.


4. Peningkatan Kapasitas IPTEK Bagi Pemuda.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 3 Maret 2017 bertempat di Ria Diani Hotel Jl. Raya Puncak Km. 72 No. 111 Cibogo – Megamendung. 
Dengan peserta sebanyak 50 orang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Ade Hasrat, S.IP, M.Si.


5. Pelatihan Manajemen Organisasi Kepemudaan Tingkat Kabupaten Bogor.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 10 Maret 2017 bertempat di Ria Diani Hotel Jl. Raya Puncak Km. 72 No. 111 Cibogo – Megamendung. Dengan peserta sebanyak 50 orang. 


6. Penyelenggaraan Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB.
Kegiatan diawali dengan Seleksi pada tingkat wilayah yang dilaksanakan tanggal 1 s.d 14 Maret 2017 dan Babak Final pada tanggal 20 s.d 29 Maret 2017 di masing-masing sekolah yang terdaftar. 
Pemenang Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) adalah Tingkat SD dari Kec. Dramaga, Tingkat SMP dari Kecamatan Sukajaya danTingkat SMA dari Kec. Cariu. 


7. Peningkatan Sentra Pemberdayaan Pemuda.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 April di Hotel Puncak Village Jl. Raya Puncak Km. 75 Cipayung dengan peserta 80 orang pemuda yang berasal dari Perwakilan Pemuda Kecamatan. 


Kegiatan yang telah dilaksanakan BidangPembudayaan Olahraga pada semester 1 Tahun 2017 yaitu :
1. Kegiatan Olympiade Olah raga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Bogor.
Merupakan suatu wadah bagi siswa implementasi hasil  pembelajaran kesehatan jasmani dan daya kreativitas. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Februari s.d 10 Maret 2017. 
Pembukaan dilaksanakan di Stadion Pakansari dan dibuka oleh Staf Ahli Kesra Ir. Drs. Ridwan Syamsudin,M.Si. 


2. Penyelenggaraan Festival Olahraga Tradisional.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 April 2017. Pelaksaan  Kegiatan bertempat  di stadion Pakansari. 
Dinas Pemuda dan Olahraga juga tengah sibuk mempersiapkan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XIII dan Pekan Paralympic Daerah (PEPARDA) V Jawa Barat yang perhelatannya akan digelar pada bulan Oktober Tahun 2018. 



PENGUKUHAN DAN PELANTIKAN
PANITIA BESAR PORDA XIII & PEPARDA V 
JAWA BARAT TAHUN 2018 


Pelantikan PB PORDA XIII dan PEPARDA V dilakukan pada tanggal 10 April 2017 Pukul 14.00 WIB di Gedung Tegar Beriman Kabupaten Bogor Panitia PORDA XIII dilantik oleh Ketua KONI Provinsi Jawa Barat sedangkan Panitia PEPARDA V Jawa Barat dilantik oleh Ketua NPCI Provinsi Jawa Barat.

Pada yang bersamaan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor telah Mengumumkan Pemenang Lomba Desain Logo dan Maskot PORDA XIII dan PEPARDA V tingkat Jawa Barat Tahun 2018.

Pemenang design logo PORDA dan PEPARDA adalah Bagus Ponco Prabowo,dan  mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 25,000,000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah).

Sedangkan Pemenang design Maskot PORDA dan PEPARDA yaitu Andis dan memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 45,000,000,- (Empat Puluh Lima Juta Rupiah).


Dalam sambutannya, Bupati Bogor Nurhayanti menjelaskan, target kesuksesan PORDA XIII dan PEPARDA V di Kabupaten Bogor Oktober 2018 dikelompokkan dalam lima point. 
1. SUKSES PENYELENGGARAAN
Yaitu sukses penyelenggaraan lewat infrastruktur, sumber daya manusia dan unsur penyelenggara lainnya. 
2. SUKSES PRESTASI
Adalah Sukses prestasi yang ditentukan lewat raihan medali kontingen tuan rumah yang bisa mengharumkan nama Jawa Barat dalam kompetisi serupa di tingkat nasional maupun internasional. 
3. SUKSES EKONOMI 
Yaitu sukses meningkatnya ekonomi warga masyarakat kabupaten Bogor dalam pelaksanaan PORDA XIII dan PEPARDA V jawa Barat tahun 2018.
4. SUKSES ADMINISTRASI
Adalah penyelenggaraan administrasi PORDA XIII dan PEPARDA V jawa Barat tahun 2018 berjalan secara transparansi dan akuntabilitas.  
5. SUKSES BUDAYA
Yaitu publikasi dan promosi budaya Kabupaten Bogor melalui penampilan berbagai seni dan budayaselama berlangsungnya PORDA XIII dan PEPARDA V sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata Kabupaten Bogor. 



...
Diberdayakan oleh Blogger.